Pendapatan Masyarakat Bali Turun, Sri Mulyani Kesulitan Salurkan Bansos

Rina Anggraeni, Jurnalis · Kamis 08 April 2021 14:02 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 08 320 2391384 pendapatan-masyarakat-bali-turun-sri-mulyani-kesulitan-salurkan-bansos-mg244wCcIe.jpg Menteri Keuangan Sri Mulyani. (Foto: Okezone.com/KBUMN)

JAKARTA - Pandemi Covid-19 membuat ekonomi di Bali tertekan. Hal ini pun diakui Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani.

Dia mengatakan bahwa pandemi Covid-19 membuat pendapatan masyarakat di Bali tertekan. Namun dengan turunnya pendapatan negara membuat pemerintah kesulitan memberikan bantuan sosial.

Baca Juga: Asik, Bansos Sembako Dipercepat untuk Dua Bulan

"Pandemi covid menurunkan penghasilan masyarakat Bali. Semakin rendah pendapatan mereka dalam mendapatkan bantuan sosial," kata Sri Mulyani dalam video virtual, Kamis (8/4/2021).

Dia membeberkan jenis bantuan relaksasi atau penundaan pembayaran pinjaman (cicilan dan bunga) baru diterima oleh usaha mikro kecil (UMK) sebanyak 17,89%, sementara bantuan yang dibutuhkan 59,09%. Untuk UMB yang dibutuhkan sebesar 53,48% tapi yang diterima baru 20,86%.

Baca Juga: Daftar Bansos Rp14 Triliun yang Cair April hingga Awal Mei

Selanjutnya, bantuan berupa modal usaha untuk UMK yang dibutuhkan sebesar 82,96

"Langkah pemerintah ternyata dalam hal ini baru mencapai 10,73% yang mendapatkan bantuan modal usaha tersebut untuk UMKM," katanya

Dia menambahkan, Bali merupakan pusat daerah yang aktivitas, akomodasi makanan dan minuman dan transport dan pedagangan memberikan kontribusi besar ke Ekon9mi Indonesia. Hal ini membuat APBN bekerja luar biasa.

"Ini yang memgalami dampak luar biasa dalam. APBN memiliki sifat countercyle yang mana mesin APBN bekerja luar biasa," katanya

Menurutnya, Bali merupakan daerah destinasi wisata. Tapi, pandemi banyak masyarakat yang tinggal dirumah ini jelas memberikan dampak luar biasa.

"Kunjungan wisatawan turun yang mana di Indonesia harus ada langkah- langkah displin protokol kesehatan," tandansya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini