Bank Dunia Ungkap Tantangan Terbesar Negara Berkembang

Antara, Jurnalis · Selasa 12 Oktober 2021 10:41 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 12 320 2484927 bank-dunia-ungkap-tantangan-terbesar-negara-berkembang-JcojIeGnUC.jpg Grafik Ekonomi (Foto: Okezone/Shutterstock)

JAKARTA - Kepala ekonom Bank Dunia Carmen Reinhart mengatkan bahwa kurangnya pertumbuhan adalah tantangan ekonomi terbesar yang dihadapi negara-negara berkembang.

Menurutnya, pertumbuhan ekonomi sangat penting untuk pengurangan kemiskinan, serta menciptakan pendapatan pemerintah yang digunakan untuk ruang fiskal, jaring pengaman sosial dan penyediaan barang publik.

Baca Juga: Top! Bank Dunia Apresiasi Kecepatan Vaksinasi di Indonesia

“Kami memiliki tantangan di banyak negara emerging markets dan negara berkembang bahkan sebelum pandemi, pertumbuhan mulai melambat sekitar 2015,” katanya, Selasa (12/10/2021).

"Dengan pertumbuhan datang pekerjaan, dengan pertumbuhan dan pekerjaan datang pemulihan," tambahnya.

Baca Juga: Bank Dunia Sebut Ekonomi RI Tumbuh 3,7% Tahun Ini

Bank Dunia berharap dapat menggalang dana sebesar 100 miliar dolar AS untuk dana Asosiasi Pembangunan Internasional bagi negara-negara miskin guna mengatasi.

"Pembalikan tragis dalam pembangunan" yang disebabkan oleh pandemi COVID-19.Dan kesenjangan pertumbuhan antara negara-negara maju dan negara berkembang semakin memburuk," kata presidennya David Malpass pada Senin.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini