RI Siap Ekspor Lidi hingga Arang ke Kanada

Ahmad Hudayanto, Jurnalis · Selasa 12 Oktober 2021 11:22 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 12 320 2484952 ri-siap-ekspor-lidi-hingga-arang-ke-kanada-nluloyj6iC.jpg RI Siap Ekspor Lidi ke Kanada. (Foto: Okezone.com/Pelindo)

JAKARTA - Pemerintah melalui Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI) mempersiapkan produk artisan dari Kalimantan Timur untuk merambah pasar ekspor. Adapun produknya seperti lidi kelapa sawit, lidi nipah, arang kayu, batik khas kaltim, manik-manik, makanan khas kaltim dan produk lainnya.

"Produk-produk unggulan di Kaltim inilah yang kita akan publikasikan atau akan go internasional. Mudah-mudahan berjalan dengan lancar dengan target yang kita harapkan," kata Direktur Jenderal Pengembangan Ekonomi dan Investasi Desa, Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Kemendes PDTT Harlina Sulistyorini, Selasa (12/10/2021).

Baca Juga: Menperin: Thailand hingga India Serius Jadikan Batik Komoditas Ekspor

Dia mengatakan, ada empat BUMDes di Kaltim yang akan segera melakukan ekspor produk lidi dari nipah dan kelapa sawit ke Kanada yang diharapkan akan menjadi langkah awal memacu ekonomi dari bawah.

Keempat BUMDes tersebut yakni BUMDes Bina Mandiri, BUMDes Karya Prima, BUMDes Maranu, BUMDes Mekar Sejati yang semuanya berada di Kecamatan Muara Badak, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kaltim.

Baca Juga: Ekspor Indonesia USD21,4 Miliar, Rekor Tertinggi sejak 2011

Ekspor komoditi ini akan terus berlanjut secara berkala, bahkan akan dikembangkan untuk pemasarannya hingga ke India dan Bangladesh.

:Ekspor perdana ke empat BUMDes tersebut rencananya akan dilakukan bersamaan dengan peluncuran Gernas BBI pada hari ini dengan tujuan ekspor ke Kanada yang pada tahap awal sekitar 25 ton,” urai Harlina.

Sebelumnya, Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Abdul Halim Iskandar mengajak seluruh masyarakat untuk setia membeli dan menggunakan produk dalam negeri.

"Menggunakan produk dalam negeri tak hanya membantu peningkatan geliat UMKM dan BUMDes. namun juga menjadi wujud cinta terhadap Negara Indonesia," katanya.

Sebagai informasi, Gernas BBI Kemendes PDTT tahun ini dipusatkan di Samarinda, Kalimantan Timur. Gernas BBI memiliki arti penting dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Gernas BBI tahun ini diharapkan menjadi momentum kebangkitan ekonomi pasca Pandemi Covid-19. Gernas BBI diharapkan tidak hanya mendongkrak perekonomian makro tetapi juga bisa mengeliarkan perekonomian mikro di level desa.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini