Calathea Termahal di Indonesia

Hafid Fuad, Jurnalis · Kamis 14 Oktober 2021 10:56 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 14 455 2486086 calathea-termahal-di-indonesia-O7GN8cWrjm.jpg Tanaman Hias (Foto: Okezone/Groupon)

JAKARTA - Calathea termahal di Indonesia. Pecinta tanaman dalam negeri pasti sudah tidak asing lagi dengan Calathea. Popularitasnya di Indonesia sedang naik, sehingga harga Calathea pun juga ikut terkerek naik.

Tanaman hias Calathea mempunyai ciri khas tersendiri, yaitu daun yang lebar dan cantik, sehingga cocok diletakkan di dalam rumah. Dengan warna daunnya yang beraneka ragam indah, Calathea dijuluki sebagai tanaman doa.

Saat ini, harga Calathea cukup tinggi dan biasanya dijual berdasarkan jumlah dan besar daunnya. Jadi apa saja jenis Calathea termahal di Indonesia?

1. Calathea Contravenestra

Calathea Contravenestra merupakan tanaman hias yang memiliki ciri khas gradasi warna hijau yang lebih banyak, dimulai dari yang paling muda hingga paling tua.

Baca Juga: Kisah Korban PHK Raup Jutaan Rupiah dari Bisnis Tanaman Hias Tanduk Rusa

Tampilannya yang unik membuat tanaman hias ini dijual dengan harga yang sangat tinggi.

Untuk satu pot Calathea Contravenestra berisi enam daun harganya bisa di atas Rp2 juta.

2. Calathea Crimson

Tanaman Calathea kategori termahal adalah Calathea Crimson. Tanaman hias ini memiliki daun berwarna ungu muda hingga ungu pekat. Karena kecantikan daunnya, calathea crimson bisa dijual hingga harga jutaan.

Baca Juga: Fantastis! Harga Tanaman Hias Ini Seharga Mobil

Ciri khas tanaman hias ini yakni daun yang berwarna ungu muda hingga yang pekat. Selain itu, terdapat corak garis pada daun tanaman ini yang menciptakan gradasi warna yang indah. Satu pot jenis Calathea ini dijual dengan harga mencapai Rp750 ribu hingga Rp1,2 juta.

3. Calathea Flamestar

Berikutnya ada Calathea Flamestar yang memiliki warna daun hijau muda dengan corak garis-garis seperti sapuan kuas.

Selain itu, terdapat juga garis-garis halus yang membingkai daun Calathea Flamestar. Untuk merawat tanaman calathea flamestar tidak terlalu sulit. Hanya perlu memastikan calathea disimpan di tanah yang lembap setiap saatnya. Artinya tanaman hias ini memang harus sering disiram, namun jangan berlebihan.

Sehelai daun Calathea Flamester dijual dengan harga yang cukup mahal yakni sekitar Rp500.000 - Rp1.500.000.

4. Calathea Medallion

Calathea Medallion merupakan salah satu tanaman hias termahal yang memiliki bentuk daun melebar seperti kipas.

Corak garis-garis pada Calathea Medallion juga unik karena mengikuti lekuk daun dengan gradasi warna yang cantik. Tanaman berdaun merak ini menyukai intensitas cahaya medium. Cahaya atau sinar matahari yang terik akan menyebabkan daun-daunnya menggulung. Suhu yang sesuai untuk pertumbuhannya sekitar 16-21oC. Tanaman ini menyukai kondisi tanah yang lembab dan butuh penyiraman. Tanaman ini dapat tumbuh dengan baik dengan tanah berpasir dan lembab.

Untuk harganya, satu pot Calathea Medallion dapat mencapai harga Rp2,1 juta.

5. Calathea Orbifolia

Jenis Calathea Orbifolia salah satu jenis tanaman hias calathea yang populer. Tanaman ini memiliki daun yang lebih melebar dan melengkung jika dibandingkan dengan tanaman Calathea lainnya.

Calathea Orbifolia berdaun lebar yang cenderung bulat menyerupai kipas. Pola garis berwarna hijau dan kelabu yang rapat tampak seperti tubuh kuda zebra.

Daun tanaman hias Calathea Orbifolia yang sudah dewasa mampu tumbuh sepanjang 30 sentimeter. Tanaman hias dari Amerika Selatan ini memiliki lebar hampir 20 cm, dengan daun tebal dan corak yang indah.

Tanaman hias ini juga memiliki sifat pembersih udara yang bagus. Itu sebabnya tanaman hias calathea banyak disukai baik oleh pemula ataupun yang berpengalaman dalam hobi berkebun ini.

Satu anakan Calathea Orbifolia bisa dijual dengan harga berkisar di Rp350.000 - Rp750.000

6. Calathea Silver

Sesuai namanya, Calathea Silver memiliki daun berwarna perak atau silver. Selain itu, daunnya juga ada warna gradasi kehijauan pada bagian atas daunnya serta keunguan gelap pada bagian bawah dan batangnya. Keunikan tersebut menjadi daya tarik dari tanaman hias yang satu ini.

Karena daunnya yang unik, tanaman ini memiliki banyak peminat dan harganya semakin tinggi. Calathea Silver dijual dengan harga mencapai sekitar Rp200 ribu untuk satu potnya.

7. Calathea Cynthia

Tanaman Calathea Cynthia juga termasuk tanaman hias yang banyak diburu saat ini.

Hal itu tentu saja membuat harganya melonjak tinggi di pasaran. Jenis Calathea ada banyak namun untuk jenis satu ini, biasa disebut sebagai Calathea mutasi. Sebab, terdapat semburat hijau muda dan pink pada daunnya.

Tanaman hias ini memang dikenal memiliki daun berwarna hijau dengan garis putih di sisinya. Karena bentuk dan tampilan daunnya yang cantik, membuat harga tanaman ini cukup mahal.

Untuk satu potnya, Calathea Cynthia dijual dengan harga mencapai Rp700 ribu.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini