Share

Rights Issue BRI Rp95,9 Triliun, Dirut: Terbesar di Asean

Anggie Ariesta, Jurnalis · Rabu 27 Oktober 2021 11:43 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 27 278 2492453 rights-issue-bri-rp95-9-triliun-dirut-terbesar-di-asean-zotUz8q4XS.jpg Rights issue BRI jadi yang terbesar di Asean (Foto: Shutterstock)

JAKARTA - PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI berhasil rights issue dengan perolehan dana penuh sebesar Rp95,9 triliun. Adapun jumlah tersebut tercatat dari sebanyak 28,2 miliar saham yang diperdagangkan.

Direktur Utama BRI Sunarso menyebut, rights issue yang dilakukan oleh BRI tercatat sebagai yang terbesar di Indonesia. Ini juga menjadi tertinggi di kawasan Asia Tenggara serta menduduki peringkat ketiga tertinggi di Asia dan masuk tujuh besar di seluruh dunia sejak 2009.

Baca Juga: BRI Cetak Laba Bersih Rp19 Triliun di Kuartal III-2021, Meroket 34,7%

"Dalam rangkaian aksi korporasi tersebut BRI telah berhasil melakukan rights issue dengan nilai mencapai Rp95,9 triliun yang kemudian berhasil menjadi rights issue terbesar di Asia Tenggara dan terbesar nomor 3 di Asia, dan terbesar nomor 7 di dunia, kemudian setelah rights issue itu diikuti dengan dalam koridor ekosistem holding ultra mikro akan memperkuat sistem BRI Group ke depan," ujar Sunarso dalam Press Conference Laporan Kinerja Keuangan BRI Triwulan III Tahun 2021 secara virtual, Rabu (27/10/2021).

Baca Juga: Ilmu Sosial dan Teknologi Permudah Karier Direktur BRI sebagai Bankir

Di samping keberhasilan aksi korporasi tersebut, BRI juga berhasil melewati kondisi yang sangat menantang saat ini dengan capaian yang sangat positif.

"Sehingga bisa kita tarik kesimpulan bahwa kondisi BRI sekarang BRI semakin sehat dan kuat karena telah ditempa oleh berbagai kesulitan dan kita hadapi berbagai kesulitan dan tantangan itu dengan strategic respons yang baik dan saya bisa katakan tepat," katanya.

Rights issue yang dilakukan September lalu jelas membantu meningkatkan permodalan BRI. Tercatat Capital Adequacy Ratio (CAR) BRI tumbuh 24,54% meningkat signifikan dibandingkan September tahun lalu 20,92%.

"Pencapaian-pencapaian tersebut merupakan buah dari strategi BRI yang terus mengutamakan sustainability usaha dan menekankan kehati-hatian di saat kondisi ekonomi belum pulih sepenuhnya akibat pandemi," ujar Sunarso.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini