Share

Wanita Ini Tertipu Rp5,8 Miliar karena Asmara Online, Kok Bisa Sih?

Rabu 10 November 2021 11:21 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 10 320 2499520 wanita-ini-tertipu-rp5-8-miliar-karena-asmara-online-kok-bisa-sih-rxHrr0HOhq.jpg Penipuan Kencan Lewat Aplikasi Asmara Online. (Foto: Okezone.com/Ist)

JAKARTA - Penipuan tidak hanya terjadi pada maraknya pinjaman online, tapi pada asmara online. Seorang wanita mengaku tertipu Rp5,8 miliar kepada seorang pria yang dikencaninya melalui aplikasi kencan.

Pada Mei 2019, Sophia mengaku mulai berkomunikasi dengan Aaron melalui situs kencan. Sophia berangan-angan berumah tangga dan menikah. Aaron pun mengatakan hal yang sama.

Keduanya berbicara lebih dalam, dan hubungan mereka berjalan cepat. Namun Sophia tidak pernah menduga di kemudian hari, dia tidak hanya gagal punya pasangan tetapi juga menanggung utang £300.000 atau setara Rp5,8 miliar, setelah menyerahkan uang kepada pria yang dikenalnya.

Baca Juga: Tiga Upaya Kominfo Tertibkan Aplikasi dan Akun Prostitusi Online

Pengalaman ini pun dibagikan kepada BBC Asian Network di Inggris. Dia mengatakan menjadi korban penipuan asmara, dan menghendaki aplikasi kencan menempuh langkah lebih ketat untuk mencegah praktik itu.

Sophia dan lelaki yang dianggapnya sebagai pasangannya itu, mulai membicarakan rencana membeli rumah bersama, sekali pun belum pernah bertemu langsung.

Melihat ke belakang, Sophia merasa ia diberitahu banyak kebohongan tentang masa depan. Dikatakannya pria itu membuat dokumen kredit rumah palsu dan surat elektronik palsu dari pengacara. Dia menjual mimpi dan pada dasarnya Sophia percaya saja.

Baca Juga: Tips Aman Gunakan Aplikasi Online Dating

Sophia mengirim uang dalam jumlah besar kepada Aaron sebagaimana diminta sebagai bagian dari rencana masa depan untuk membeli rumah.

"Saya mengambil kredit dan menarik tabungan yang totalnya sekitar £50.000-60.000. Lalu saya meminjam uang banyak dari keluarga dan teman-teman," ujarnya, dilansir dari BBC Indonesia, Rabu (10/11/2021).

Secara keseluruhan, Sophia mengaku telah mengirim sekitar £300.000 atau sekitar Rp5,8 miliar kepada pria tersebut. Sophia bukanlah korban penipuan asmara satu-satunya di Inggris.

Baca Juga: Peduli Pejuang Kanker, Donasi Rambut Bersama Lifebuoy dan MNC Peduli Tengah Berlangsung!

Menurut UK Finance, asosiasi sektor perbankan dan keuangan Inggris, terjadi 20% peningkatan transfer bank yang ada kaitannya dengan penipuan asmara antara 2019 hingga 2020.

Ketika si pria meminta lagi uang £50.000 (setara dengan Rp967 juta), Sophia memutuskan untuk mempertanyakan hal yang dialaminya.

Dia menghubungi bank yang ia yakini menyimpan rekening bersama atas namanya dan atas nama Aaron. Bank memberitahu nama Sophia tidak tercantum di rekening.

"Saya merasa tanah yang saya pijak ambles. Saya tidak percaya. Saya merasa bagai mengalami mimpi buruk sekali," ungkapnya.

"Kita melihat ada cerita, membaca cerita, kita mendengar cerita orang lain, tapi kita merasa kita tidak akan mengalaminya. Tapi itu benar-benar terjadi, karena adanya siksaan emosional yang tidak kita sadari bahwa kita sedang mengalaminya," ujarnya.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini