3 Tips Membeli Gadget Datangkan Cuan

Erlinda Septiawati, Jurnalis · Selasa 16 November 2021 11:38 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 16 622 2502480 3-tips-membeli-gadget-datangkan-cuan-SnRvyJzDmk.jpg Tips hemat membeli gadget (Foto: Shutterstock)

JAKARTAGadget menjadi kebutuhan bagi masyarakat di era perkembangan digital. Namun, dalam memilih gadget yang tepat juga perlu disesuaikan dengan keperluan dan kebutuhan Anda. Selain itu, juga harus memperhatikan anggaran sebelum membeli ponsel atau smartphone.

Perencana keuangan dan CEO Zap Finance, Prita Hapsari Ghozie, memberikan tips agar gadget yang beli sesuai dengan kebutuhan. Bahkan, juga menjadi ladang berinvestasi sehingga dapat menjadi penghasilan tambahan.

Baca Juga: Fresh Graduate Harus Tau! Ini 3 Kebiasaan yang Bikin Kantong Jebol, MotionBanking Tawarkan Extra Income

“Siapa yang suka merasa bersalah saat mau beli atau upgrade gadget? Kuncinya pahami dulu apakah pembelian ini menjadi sebuah investasi untuk bantu kamu semakin produktif alias nambah penghasilan,” tulis Prita Hapsari Ghozie, dikutip dari laman akun Instagram-nya @pritaghozie, Jakarta, Selasa (16/11/2021).

Prita juga menjelaskan contoh kegiatan yang dijalani dalam kesehariannya. Hal tersebut bisa Anda gunakan sebagai pertimbangan sebelum membeli gadget.

Baca Juga: 7 Tips Liburan Hemat Bikin Kantong Anti Jebol

“Contohnya keseharianku, ada webinar, online meeting, mau pun produksi kerjaan yang rasanya 24 jam tidak cukup. Plus, aku juga tetap butuh bersantai sebagai self-care & balancing life seperti nonton k-drama (yang akhirnya jadi konten finansial juga),” katanya.

Berikut tiga tips sebelum membeli gadget dari Prita, seperti yang telah dibagikan:

1. Hitung Hasil Keuntungan dari Pembelian Gadget

Prita menunjukkan caranya dengan menghitung harga pembelian yang diperoleh dengan hasil membeli gadget tersebut.

Apabila membeli gadget seharga Rp5 juta, lalu dengan gadget itu bisa memperoleh penghasilan Rp50 juta, maka pengembalian aset atau keuntungan dari membeli gadget adalah 10 kali lipat.

2. Alokasi Pembelian Gadget

Terdapat dua opsi budgeting untuk beli atau upgrade gadget. Pertama, alokasi dari penghasilan non-rutin misalnya bonus atau income side-hustle.

Selanjutnya, menabung untuk membeli gadget impian dengan menyisihkan gaji bulanan ke tabungan khusus.

3. Memilih Gadget yang Terpercaya dan Terjangkau

Pemilihan spesifikasi fitur diperlukan untuk menjamin penggunaan gadget yang dibutuhkan misalnya digunakan untuk pekerjaan. Manfaat pemilihan gadget yang tepat yakni, harga terjangkau dan biaya pemeliharaan pun rendah.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini