Share

7 Tips Liburan Hemat Bikin Kantong Anti Jebol

Zikra Mulia Irawati, Jurnalis · Sabtu 13 November 2021 20:17 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 13 622 2501190 7-tips-liburan-hemat-bikin-kantong-anti-jebol-S3CbVaFU2O.jpg Tips liburan hemat (Foto: Okezone)

JAKARTA - Liburan menjadi keinginan terbesar masyarakat yang telah penat dengan aktivitas sehari-hari. Rupiah demi rupiah pun ditabung untuk mendapatkan pengalaman terbaik selama berlibur.

Namun, Anda tentu tidak ingin bangkrut sepulang dari liburan, bukan? Oleh karena itu, mari simak tips hemat selama liburan yang dikutip dari realsimple.com pada Sabtu (13/11/2021).

1. Buat anggaran sebelum memesan

Tidak ingin pusing memikirkan keuangan selama liburan? Catat dan buat anggarannya sebelum berangkat.

Biaya transportasi dan akomodasi biasanya menjadi yang paling banyak menghabiskan budget. Berliburlah di hari-hari kerja untuk mendapatkan harga yang lebih murah.

Baca Juga: Ini Daftar Hari Libur Nasional 2022, Yuk Siapkan Rencana Liburan!

2. Bawa kartu debit atau visa prabayar

Selama berlibur, gunakan kartu debit untuk keperluan yang mendesak dan prabayar untuk kebutuhan lainnya. Hal ini dapat meningkatkan kesadaran perihal uang yang telah dihabiskan. Jangan lupa untuk membawa uang tunai untuk keperluan kecil seperti memberi tip.

3. Buat batas pengeluaran harian

Liburan menjadi saat yang rawan untuk berbelanja secara impulsif. Oleh karena itu, sediakan amplop untuk membantu membatasi pengeluaran dalam sehari.

Baca Juga: Awas, Berperilaku Buruk saat Liburan Bisa Kena Denda Rp14 Miliar!

4. Gunakan kartu kredit perjalanan

Memiliki kartu kredit perjalanan rupanya mendatangkan banyak keuntungan seperti asuransi perjalanan, diskon sewa mobil, hingga poin. Tak hanya itu, beberapa bahkan terintegrasi dengan aplikasi e-banking yang membantu melacak pengeluaran hingga mengunci kartu jika batas penggunaan terlampaui.

5. Makan masakan sendiri

Tak dapat dimungkiri, makanan juga menjadi sumber pengeluaran terbesar selama liburan. Kelezatan makanan lokalnya seakan memanggil untuk dicicipi. Namun, lakukanlah sesekali saja apabila ingin berhemat.

Jika ingin berlibur lebih dari seminggu, cobalah untuk mencari penginapan dengan dapur mini agar bisa memasak di dalam kamar. Hal ini akan menekan pengeluaran. Selain itu, jangan pernah membeli makanan di bandara agar kantong tak meringis.

6. Bawa minum atau botol isi ulang

Hal serupa juga berlaku untuk minuman. Terlebih, dahaga adalah sesuatu yang tidak bisa ditahan. Untuk liburan jangka pendek, membawa minum sendiri menjadi solusi yang patut dicoba. Jika destinasi yang ingin dikunjungi telah menyediakan pos air minum isi ulang, jangan lupa untuk membawa botol dari rumah.

7. Investasikan uang untuk pengalaman

Waspada dengan pengeluaran di hari-hari terakhir liburan seperti membeli oleh-oleh. Daripada membeli barang yang berpotensi rusak di kemudian hari, habiskan uang untuk mencoba pengalaman baru seperti berjemur di pantai atau belajar berselancar. Jangan lupa mengabadikan momen tersebut. Cara ini terbukti menghasilkan kenangan dengan murah dan dapat bertahan sepanjang masa.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini