Share

Sri Mulyani Waspadai Kenaikan Inflasi

Michelle Natalia, Jurnalis · Rabu 17 November 2021 18:18 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 17 320 2503387 sri-mulyani-waspadai-kenaikan-inflasi-PF5lOoEpQ5.jpg Sri Mulyani waspadai kenaikan inflasi di akhir tahun (Foto: Okezone)

JAKARTA - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mewaspadai kenaikan inflasi di akhir tahun. Sementara itu, untuk perkembangan ekonomi terkini pemerintah masih fokus pada pemulihan ekonomi dan tantangan yang ada.

Baca Juga: Menko Airlangga: Semua Negara Alami Kenaikan Inflasi

"Sampai dengan hari ini, pemulihan ekonomi di kuartal IV diperkirakan akan meningkat cukup kuat terutama ditunjang dengan beberapa indikator seperti Indeks Kepercayaan Konsumen yang meningkat, Retail Sales Index meningkat, PMI manufaktur meningkat sesudah mengalami penurunan akibat varian Delta, juga pertumbuhan ekspor impor yang sangat tinggi, lebih dari 50%," ujar Sri, Rabu(17/11/2021).

Baca Juga: Biang Kerok Inflasi Oktober 2021, Harga Rokok hingga Minyak Goreng

Dia menyebutkan bahwa untuk pasar keuangan, yield surat berharga sudah mengalami perbaikan dengan spread yang menurun dari US Treasury yang tadinya pada awal bulan Juli 2021, spreadnya 512 bps sekarang menurun menjadi 449 bps.

"Rupiah dan indeks harga saham juga mengalami perbaikan, namun kita juga paham bahwa ada tantangan yang harus kita waspadai, yang pertama adalah kecenderungan inflasi atau kenaikan harga-harga," ungkap Sri.

Dilihat di beberapa negara seperti Eropa, Amerika Serikat, China, dan beberapa emerging market seperti Meksiko dan Korea terjadi kenaikan dari harga produsen. Harga produsen ini bisa menyebabkan kenaikan harga di tingkat konsumen, yang kemudian diukur menjadi inflasi.

"Inilah yang kemudian kita akan waspadai, untuk Indonesia kita lihat harga di tingkat produsen juga mengalami kenaikan 7,3%, di Eropa bahkan kenaikannya mencapai 16,3%, China 13,5%, AS 8,6%, Korea 7,5%. Kenaikan harga produsen ini harus kita waspadai agar tidak mendorong inflasi pada tingkat konsumen," pungkas Sri.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini