6 Tempat Makan Unik di Indonesia yang Boleh Bayar Seikhlasnya, Bahkan Gratis!

Sevilla Nouval Evanda, Jurnalis · Senin 22 November 2021 12:17 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 22 622 2505502 6-tempat-makan-unik-di-indonesia-yang-boleh-bayar-seikhlasnya-bahkan-gratis-un3u0H55x3.jpg Ilustrasi Tempat Makan Unik di Indonesia (Foto:Avirista/Okezone)

JAKARTA - Tempat makan unik di Indonesia yang boleh bayar seikhlasnya bahkan gratis menarik untuk diulas.

Tempat makan memang menjadi destinasi yang cukup penting karena menyangkut rasa lapar manusia. Tak jarang, masyarakat memilih makan di warung makan atau restoran mewah demi menuruti ego.

Dengan keadaan itu, masih banyak kedai atau warung makan yang menyediakan makanan tanpa perlu dibayar banyak, seiklasnya, bahkan gratis untuk kaum tidak mampu.

Baca Juga: Perhatikan 6 Hal Ini agar Terhindar dari Covid-19 saat di Tempat Makan

Berikut 6 tempat makan unik Indonesia yang boleh bayar seikhlasnya, bahkan gratis seperti dirangkum Okezone pada Senin (22/11/2021).

 

1. Rumah Makan Gratis Tanpa Syarat

Rumah makan yang terletak di Bogor, Jawa Barat ini dimiliki oleh Adit. Dia menyediakan makanan gratis dengan menu ayam atau daging dan sayur yang selalu berganti-ganti setiap harinya. Seluruh biaya untuk penyediaan makanan gratis itu pun ditanggung sendiri oleh Adit.

Tak cuma mengadakan makanan gratis, Adit dan rekan-rekannya juga selalu membagikan sembako pada warga-warga kurang mampu setiap hari Jumat. Area pembagian sembako tersebut adalah Desa Ciangsana, Gunung Putri, Bogor.

Adit mulai berpikir untuk membuka rumah makan gratis pada 2018, saat ia bertemu dengan seorang nenek tukang sapu di sebuah kompleks perumahan. Adit menyebut, selain bertemu nenek yang selalu membawa botol minum itu, dirinya juga kerap bertemu dengan orang kurang mampu lainnya yang perlu dibantu.

Dengan pengalaman itu, Adit berharap rumah makannya bisa terus berkembang hingga ke kota lain.

 

2. Kopi Gratis untuk Penghapal Al-Quran

Kopi kekinian tak cuma dinikmati remaja-remaja gaul. Kedai kopi gratis untuk penghapal Al-Quran ini membuktikan bahwa para penghapal kitab suci umat Islam itu juga biasa menikmati kopi dengan tenang, bahkan bisa gratis!

Otentik Coffee yang mengusung ide ini juga tak tanggung-tanggung, mereka akan memberikan kopi gratis selamanya bagi mereka yang menghapal Al-Quran. Hal unik dari kedai ini, yaitu barista yang bertugas menyuguhkan kopi juga harus bisa membuktikan bahwa pengunjung tertentu adalah penghapal Al-Quran. Barulah mereka layak mendapatkan kopi gratis.

Para pengunjung akan diuji oleh barista dengan minimal 36 ayat acak. Bila tertarik, Anda bisa mencoba mengunjungi kedai yang berada di ujung jalan Ipda Tut Harsono 52 Muja Muju, Umbulharjo, Yogyakarta ini.

3. Restoran untuk Fakir Miskin

Restoran milik warga keturunan Irak yang bernama Haji Isam ini dibuka setiap Jumat mulai pukul 12 siang. Isam yang berusia 58 tahun ini memang keturunan Irak, tetapi dia adalah warga negara Australia.

Kesan yang diberikan oleh rumah makan itu adalah mewah dan makanannya pun terbukti lezat. Setiap hari, pengunjung yang datang bisa langsung mengambil makanan yang telah disajikan seperti prasmanan.

Bukannya dibayar dengan uang, restoran ini hanya memerlukan kartu identitas dengan nama dan alamat yang tertera jelas sebagai bukti identitas. Menu yang ada juga tak tanggung-tanggung. Ada daging sapi, ayam, ikan laut, hingga buah-buahan.

Rumah makan ini terletak di Banyuwangi, Jawa Timur.

 

4. Kedai Ikhlas Bandung

Di kedai ini, Anda bisa menikmati hidangan sepuasnya dengan membayar seikhlasnya. Bagaimana caranya? Anda hanya akan melihat dua celengan yang terletak di meja kasir. Celengan itu, salah satunya adalah untuk makanan. Sementara yang lainnya adalah celengan donasi.

Anda juga tak akan menemukan daftar harga untuk semua menu yang ada. Adam Ramdhani, pemilik kedai ini memang sengaja membuatnya seperti itu agar pengunjung bisa menikmati makanan tanpa patokan harga tertentu.

5. Warung Gratis karena Allah

Beberapa waktu lalu, warung makan satu ini sempat viral dan jadi perbincangan masyarakat. Diedarkan pertama kali pada 2018, Warung Makan "Karena Allah" ini menyediakan makanan gratis bagi mereka yang tidak punya uang. Orang-orang juga bisa membayar seikhlasnya saja.

Tak main-main, warung ini buka dari Senin hingga Sabtu, mulai pukul 12 siang. Pemilik warung yang berlokasi di Jl. AP. Pettarani II No.2, Makassar ini mengaku tak merasa rugi. Pasalnya, dirinya memang bernian membantu sesama dan bersedekah hingga membuka cabang di kota lain.

6. Mie Ayam Ryan

Ingat momen heboh saat viral mie ayam yang dihargai Rp2 ribu saja seporsi? Dengan harga tersebut, mie ayam ini bisa-bisa menyandang status mie ayam termurah. Sebab, harga mie ayam di pasaran umumnya jauh di atas harga itu.

Ryan yang merupakan pemilik warung mie ayam itu, awalnya mempromosikan dagangan rintisan bersama istrinya melalui akun Facebook pribadinya. Adapun rumah makan itu terletak di Desa Grasak, Kecamatan Gondang, Kabupaten Sragen, Jawa Tengah.

Ryan punya alasan unik yang juga menyentuh hati. Anaknya pernah meminta uang sebesar Rp2 ribu. Namun, ia tak bisa memberikannya karena tak punya uang. Dia pun bertekad untuk membuka usaha mie ayam Rp2.000 agar anak-anak bisa menikmati makanan dengan baik hingga kenyang.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini