Erick Thohir Bakal Jual BUMN yang Pendapatannya Kurang dari Rp50 Miliar

Suparjo Ramalan, Jurnalis · Selasa 23 November 2021 13:36 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 23 320 2506114 erick-thohir-bakal-jual-bumn-yang-pendapatannya-kurang-dari-rp50-miliar-4fjLoGFqKT.jpg Erick Thohir (Foto: Dok BUMN)

JAKARTA - Menteri BUMN Erick Thohir berencana menjual BUMN yang pendapatannya kurang dari Rp50 miliar. Erick Thohir nantinya akan fokus pada BUMN dengan income triliunan rupiah.

Namun, rencana penjualan BUMN ke swasta ini masih akan terus dibahas. Sementara itu, rencana penjualan BUMN dengan pendapatan di bawah Rp50 miliar akan direalisasikan pasca Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI dan Pemerintah mengesahkan revisi Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2003 tentang BUMN. Saat ini proses pembahasan naskah akademik revisi UU masih dibahas.

"Bahkan, saya sedang mempelajari BUMN yang revenue-nya kecil, sudah lah dijual aja ke swasta. Kita main yang besar aja, yang triliunan gitu lho. Tapi harus selesai dulu Undang-Undangnya," ujar Erick, Selasa (23/11/2021).

Erick Thohir menjelaskan, swastanisasi BUMN menjadi langkah penting untuk mengakomodir kepentingan pengusaha nasional dan daerah. Jika tidak dilakukan, justru keberadaan perseroan negara akan membunuh peran dari pengusaha lokal.

Erick Thohir ingin memastikan perubahan ekosistem bisnis BUMN harus dilakukan "Akhirnya apa? Membunuh sendi-sendi daripada tadi (pengusaha lokal), itulah kenapa ekosistem harus diperbaiki," katanya.

Di samping pemegang saham melakukan swastanisasi, pembubaran BUMN pun akan ditempuh bila perusahaan tidak lagi menguntungkan bagi negara. Erick mencatat ada 70 anak usaha BUMN yang sudah dibubarkan.

Jumlah itu meliputi, anak usaha PT Pertamina (Persero), PT PLN (Persero), hingga PT Krakatau Steel (Persero) Tbk.

"BUMN ini harus dikecilkan jumlahnya, ditata ulang bisnis modelnya, jangan jadi menara gading, yang semua pengusaha daerah mengeluh kepada saya, dari seragam, air minum, supply, aspal di ambil semua sama BUMN, salah," katanya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini