Share

Menperin Singgung Birokrasi di Era 4.0, Tak Bisa Lagi Cara-Cara Biasa

Advenia Elisabeth, Jurnalis · Jum'at 26 November 2021 18:51 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 26 320 2508054 menperin-singgung-birokrasi-di-era-4-0-tak-bisa-lagi-cara-cara-biasa-DhKnCM5UhQ.jpg Menperin Agus Gumiwang (Foto: Okezone)

JAKARTA - Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita menyatakan bahwa pihaknya terus melakukan Reformasi Birokrasi untuk mewujudkan tata kelola pemerintahan berkelas dunia.

Bahkan kata dia, Kemenperin juga akan mampu mengikuti pesatnya perkembangan era digital saat ini, khususnya perkembangan industri 4.0. Dan juga semangat menjaga pertumbuhan industri harus dikawal dengan kebijakan yang prudent, accountable, dan sesuai aturan perundangan.

Baca Juga: Tuan Rumah Konferensi Pengembangan Industri, Menperin Ingin Tingkatkan Partisipasi IKM di Pasar Global

"Birokrasi tidak bisa lagi dilakukan dengan cara-cara biasa (business as usual) seperti waktu-waktu yang lalu. Di mana birokrasi masih dibatasi dengan ruang, waktu, dan prosedur yang cukup kaku,” ujarnya, Jumat (26/11/2021).

Dia juga menjelaskan, saat ini birokrasi diharapkan mampu memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat.

Baca Juga: Wih! Sulap Batu Bara Jadi Metanol, Perusahaan China Bangun Pabrik Rp7,9 Triliun di Aceh

“Melalui pelayanan birokrasi yang baik itu, tentu saja diharapkan target-target kinerja sebagaimana tertuang dalam Rencana Strategis (Renstra) Kemenperin juga akan tercapai secara efektif, efisien, serta akuntabel,” jelasnya.

Kemenperin juga berupaya terus meningkatkan kapabilitas APIP untuk mendukung kinerja serta tata kelola kementerian yang baik, agar tercapai sasaran untuk membangun industri yang mandiri dan berdaulat, memacu industri yang maju dan berdaya saing, serta mewujudkan industri yang berkeadilan dan inklusif.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini