Share

Menko Luhut: Muncul Kekhawatiran Varian Omicron Kurangi Efektivitas Vaksin Covid-19

Azhfar Muhammad, MNC Portal · Minggu 28 November 2021 19:54 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 28 320 2508715 menko-luhut-muncul-kekhawatiran-varian-omicron-kurangi-efektivitas-vaksin-covid-19-UDCc1Q9FXO.jpg Menko Luhut (Foto: Okezone)

JAKARTA - Munculnya Covid-19 varian Omicron memunculkan kekhawatiran menurunkan efektivitas vaksin Covid-19.

Hal ini mengingat banyaknya mutasi virus Covid-19 terjadi pada area receptor binding domain, bagian dari virus yang untuk mengikat sel yang akan diinfeksi yang biasanya dijadikan sasaran bagi antibodi untuk mengenali virus covid-19.

“Sehingga, ketika terjadi mutasi pada bagian tersebut, muncul kekhawatiran bahwa varian omicron ini dapat mengurangi efektifitas vaksin yang ada,” kata Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan di Jakarta, Minggu (28/11/2021).

 

Baca Juga: WNA dari Afrika Dilarang Masuk RI Cegah Varian Omicron, Kecuali untuk Pertemuan G20

Sementara itu, pemerintah memproyeksikan butuh satu hingga dua minggu ke depan untuk memahani efek Covid-19 varian Omicron terhadap vaksin dan antibodi.

“Kami perkirakan, dengan kerjasama internasional yang baik, butuh 1-2 minggu ke depan untuk kita bisa memahami lebih baik bagaimana efek dari varian omicron ini terhadap vaksin dan antibodi yang terbentuk dari infeksi alamiah,” ujarnya.

Langkah-langkah pengetatan yang dilakukan pemerintah di perbatasan dan kedatangan dari luar negeri ini diambil sebagai langkah waspada untuk mencegah Covid-19 varian omicron ini masuk ke Indonesia.

“Kebijakan-kebijakan ini dapat dievaluasi kembali ketika pemahaman kita terhadap varian omicron ini bisa lebih baik melalui penelitian-penelitian yang ada,” katanya.

Di sisi lain, perkembangan kasus covid-19 di Indonesia masih terkendali, bahkan pada hari ini hanya mencatatkan 275 kasus baru dan hanya 1 kasus fatality.

“Tentunya hal ini adalah sesuatu yang harus kita syukuri dan harus terus dipertahankan, meskipun kita harus tetap waspada dengan peningkatan kasus covid-19 di banyak negara, munculnya varian omicron ini, dan ancaman peningkatan kasus saat libur Nataru,” katanya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini