Share

Uji Nyali! Rusunawa Dibangun di Bekas Makam China

Kamis 02 Desember 2021 16:20 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 02 470 2510929 uji-nyali-rusunawa-dibangun-di-bekas-makam-china-Nf5cl4Hceq.jpg Pembongkaran Makam China di Madiun. (Foto: Okezone.com/Solopos)

MADIUN Rumah susun sederhana sewa (rusunawa) akan dibangun di bekas lahan pemakaman. Di mana saat ini sedang dilakukan proses pembongkaran makam di area makam China atau Bong Cino di Jl. Hayam Wuruk, Kecamatan Manguharjo, Kota Madiun.

Petugas sedang membongkar makam di Bong Cino itu. Ada dua makam yang dibongkar secara mandiri oleh ahli waris.

Pembukaan makam tersebut membutuhkan waktu cukup lama karena harus membongkar bangunan seperti kijing. Bahkan di dalam liang makam juga ada bangunan cor-coran yang membuat penggalian membutuhkan tenaga ekstra.

Baca Juga: Wih! Bakal Ada Rusun untuk Santri Senilai Rp2,5 Miliar

Setelah berhasil dibongkar, pekerja mengangkat sisa tulang dan barang-barang yang ikut dimakamkan. Di salah satu makam, bahkan ada kain sisa pakaian dan dasi yang masih utuh. Padahal makam itu sudah ada sejak tahun 1970-an.

Setelah itu, sisa tulang masih yang masih utuh serta pakaian dari makam diambil dan dibungkus kain kafan. Selanjutnya dimasukkan ke dalam peti mati untuk dimakamkan lagi di tempat lain.

Baca Juga: Sri Mulyani Bangun Rusun PNS Kemenkeu Rp25 Miliar di Jayapura, Fasilitas Sekelas Wisma Atlet

Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Kota Madiun, Totok Sugiarto, mengatakan pembongkaran makam ini menjadi salah satu persiapan untuk pembangunan rusunawa. Rencananya, rusunawa bakal dibangun mulai awal tahun depan.

“Rencana mau dibangun rusunawa di sini. Karena di kawasan makam ini kan memang sudah lama dijadikan tempat hunian warga. Selain itu, kawasan ini juga termasuk kawasan kumuh,” jelas dia, dikutip dari Solopos.com, Kamis (2/11/2021).

Baca Juga: KKP Selamatkan Kerugian Negara Sebesar Rp30 Miliar dari Tindak Penyelundupan BBL

Beberapa alasan lain yang membuat Pemkot Madiun memutuskan membangun rusunawa di lokasi ini adalah karena tanahnya aset pemkot. Kemudian, sudah tidak ada lagi orang yang memakamkan jenazah di sini. Selian itu, lokasnya strategis karena berada di pinggir jalan utama.

“Nantinya rusunawa ini akan dihuni warga yang sudah lama tinggal di kawasan makam. Karena memang warga sekitar sudah berkembang lebih banyak,” ujar Totok.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini