Share

Update Kondisi Listrik Pasca Gunung Semeru Meletus

Anggie Ariesta, Jurnalis · Minggu 05 Desember 2021 18:10 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 05 320 2512269 update-kondisi-listrik-pasca-gunung-semeru-meletus-FXumpsVMho.jpg Gunung Semeru Meletus (Foto: Tangkapan Layar)

JAKARTA - PT PLN (Persero) menargetkan 69 gardu listrik bisa kembali menyala besok dari total 79 gardu listrik yang saat ini masih padam akibat terdampak erupsi Gunung Semeru di Lumajang, Jawa Timur.

"Dari 79 travo yang melingkupi 22.826 pelanggan ini, 69 travo bisa kami normalkan," kata Senior Manajer Distribusi PLN Unit Induk Distribusi Jawa Timur Adriansyah dalam konferensi pers yang dipantau di Jakarta, Minggu (5/12/2021).

Adriansyah menjelaskan pemulihan 10 gardu listrik selanjutnya akan dilakukan apabila erupsi Gunung Semeru sudah reda.

Baca Juga: Gunung Semeru Meletus, Sri Mulyani Siapkan APBN 

Pada pagi tadi, kata dia, tim PLN sudah berada di daerah terdampak dan ingin memulihkan kondisi 10 gardu listrik, namun erupsi kembali terjadi yang membuat mereka dilarang oleh petugas berwenang untuk beraktivitas di sana.

"Kondisi di sana cuaca pekat hujan abu vulkanik, sehingga kami belum bisa melakukan pemulihan jaringan listrik," ujar Adriansyah.

Hingga pukul 10.00 WIB hari ini, PLN telah menyalakan 33 gardu listrik dari total 112 gardu listrik yang terdampak erupsi Gunung Semeru.

Baca Juga: Gunung Semeru Meletus, Viral Kepanikan Penambang Pasir

Adriansyah mengatakan pihaknya akan berusaha maksimal untuk menormalkan kondisi jaringan listrik eksisting di daerah terdampak erupsi.

Menurutnya, pekerja belum bisa masuk ke daerah terdampak karena akses utama Jembatan Gladak Perak putus sehingga belum bisa dilalui oleh kendaraan.

PLN berencana menarik jaringan transmisi listrik dan bangun baru 300 meter menyambung ke feeder Ampel Gading dari Supit.

"Hari ini kami sudah siap bergerak untuk melakukan pembangunan penanaman tiang sepanjang 300 meter," ujar Adriansyah.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini