Bakal Diganti Robot, Kenalan Dulu dengan 2 PNS Terkaya di Indonesia!

Ahmad Hudayanto, Jurnalis · Senin 06 Desember 2021 15:51 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 06 320 2512740 bakal-diganti-robot-kenalan-dulu-dengan-2-pns-terkaya-di-indonesia-SgKHkqv9xf.jpg PNS Terkaya di Indonesia (Foto: Setkab)

JAKARTA - PNS bakal digantikan teknologi kecerdasan buatan atau robot. Bahkan, BKN sudah memetakan pekerjaan PNS yang akan digantikan dengan robot.

PNS digantikan robot sudah digaungkan pada 2019. Kini rencana tersebut dimatangkan oleh BKN dan Kementerian PANRB.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPANRB) Tjahjo Kumolo mengatakan bahwa penerapan teknologi ini dilakukan untuk efektivitas kerja dan efisiensi anggaran

“Ujungnya efektivitas kerja, kolaborasi dan efisiensi anggaran dan fokus program kerja,” katanya saat dihubungi pada Selasa 30 November 2021.

Baca Juga: 3 Fakta Menarik PNS Berharta Rp56 Miliar

Namun, tidak semua PNS akan digantikan robot. Ketua Umum Dewan Pengurus Korpri Zudan Arif Fakrullah memberikan tanggapannya terkait dengan ramainya perbincangan digantikannya fungsi PNS oleh robot ataupun mesin. Dia mengatakan bahwa PNS yang berkualitas tidak akan tergantikan oleh apapun.

“PNS yang berkualitas tidak akan tergantikan oleh robot ataupun mesin. Tetapi kalau PNS yang engga berkualitas ya pastilah tergantikan. Ini untuk memotivasi dan memacu para ASN agar menjadi ASN yang berkualitas,” katanya, Rabu 1 Desember 2021.

Meski PNS akan digantikan robot, ada PNS yang memiliki gelar sebagai PNS terkaya di Indonesia. Kekayaan ini berdasarkan data laporan harta kekayaan penyelenggara negara (LHKPN). Lalu siapa saja PNS terkaya di Indonesia? Berikut rangkumannya seperti dikutip Okezone, Jakarta, Senin (6/12/2021).


1. Nurhali, PNS Berharta Rp1,6 Triliun

PNS terkaya di Indonesia memiliki harta kekayaan hingga Rp1,6 triliun. PNS ini bernama Nurhali yang merupakan Kepala Sekolah SMKN 5 Tangerang.

Kekayaan Nurhali yang mencapai Rp1,6 triliun seperti dikutip data laporan harta kekayaan penyelenggara negara (LHKPN). Harta Nurhali berasal dari warisan berupa tanah dan bangunan seluas puluhan ribu meter yang tersebar di wilayah Jakarta dan Tangerang.

2. Irwan, PNS Berharta Rp56,4 Miliar

 

PNS terkaya lainnya bernama Irwan Rusfiady Adnan. Irwan merupakan Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar, Sulawesi Selatan.

Melansir Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) 2019, Irwan tercatat memiliki total kekayaan Rp56,44 miliar.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini