Share

Bos Baru PLN Buka-bukaan soal Tarif Listrik Bakal Naik Tahun Depan

Athika Rahma, Jurnalis · Senin 06 Desember 2021 20:30 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 06 320 2512900 bos-baru-pln-buka-bukaan-soal-tarif-listrik-bakal-naik-tahun-depan-NOqwc5fqgp.jpg Listrik Naik (Foto: Okezone)

JAKARTA - Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo memberikan penjelasan terkait rencana penerapan tarif adjustment (penyesuaian tarif) bagi 13 golongan pelanggan PLN. Seperti diketahui, tarif listrik sudah tidak naik sejak 2017 lalu. 

Menurut dia, penentuan tarif listrik merupakan keputusan pemerintah, sehingga badan usaha tidak memiliki andil menentukan itu.

"Kami ini adalah BUMN, tarif ditentukan pemerintah, jadi kami ikuti keputusan pemerintah," kata Darmawan dalam konferensi pers di Jakarta, Senin (6/12/2021).

Baca Juga: Zulkifli Zaini Diberhentikan dari Dirut PLN, Apa Alasannya?

Lanjutnya, Kementerian ESDM berwenang dalam penetapan tarif listrik ini. Selain itu, DPR juga ikut andil dalam diskusi penetapan tarif listrik.

"Jadi masih berproses, arahnya kemana, kami ikuti pemerintah," katanya.

Baca Juga: Darmawan Prasodjo Jadi Dirut PLN, Erick Thohir: Transisi Energi Jangan Bebani Negara dan Masyarakat

Sebelumnya, pemerintah berencana menerapkan tariff adjustment (penyesuaian tarif) untuk 13 golongan pelanggan listrik PLN tahun 2022 selama 6 bulan. Dirjen Ketenagalistrikan Kementerian ESDM Rida Mulyana mengatakan, pihaknya sudah berdiskusi dengan Badan Anggaran (Banggar) DPR terkait hal ini.

"Jadi kita sepakat dengan Banggar, kalau sekiranya Covid-19 ini membaik ke depan, mudah-mudahan, kompensasi tariff adjustment diberikan 6 bulan saja, selanjutnya disesuaikan," ujar Rida dikutip dari kanal Youtube CNBC Squawk Box.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini