Share

Zulkifli Zaini Diberhentikan dari Dirut PLN, Apa Alasannya?

Feby Novalius, Jurnalis · Senin 06 Desember 2021 11:47 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 06 320 2512542 zulkifli-zaini-diberhentikan-dari-dirut-pln-apa-alasannya-xnEOwXFQfB.jpg Dirut PLN Diganti. (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Direktur Utama PLN Zulkifli Zaini diganti. Padahal selama masa jabatanya atau sejak 2019, PLN telah memperbaiki kinerja keuangan dan berhasil membukukan pendapatan usaha sebesar Rp345,4 trilliun dan mencapai laba bersih Rp5,99 Triliun pada 2020.

Laba ini naik 39,3% dibandingkan pada tahun 2019. PLN juga berhasil menurunkan jumlah rasio utang menjadi senilai Rp 452,4 Triliun.

Baca Juga: Erick Thohir Ganti Dirut PLN Zulkifli Zaini

Lantas kenapa Zulkifli Zaini harus diganti?

Menurut Staf Khusus Menteri BUMN, Arya Sinulingga, PLN saat ini dalam proses transformasi menuju bauran energi. Di mana rencana tersebut sudah dilakukan oleh Wakil Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo.

"Nah sekarang diteruskan, regenerasi benar. Pengganti Wadirut bukan dari mana-mana dan sebelumnya Pak Darmawan itu khusus transformasi di PLN dan sekarang menuju bauran energi. Jadi taget Pak Jokowi diteruskan Pak Darwanan," ujarnya, Senin (6/12/2021).

Baca Juga: Update Kondisi Listrik Pasca Gunung Semeru Meletus

Sebelumnya, Menurut Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir, dalam mengelola perusahaan terutama dalam BUMN, seorang pemimpin harus menyandarkan tanggung jawab yang diemban dengan hati dan keikhlasan.

“Karena bagaimanapun juga, jabatan yang diberikan kepada kita tak lain sebuah amanah. Amanah untuk memberikan kontribusi sebesar-besarnya kepada negara dan memiliki dampak sosial seluas-luasnya berupa peningkatan pelayanan kepada masyarakat,” ucap Erick.

Menurutnya, Zulkifli Zaini, yang sebelumnya menjabat sebagai Direktur Utama PLN sejak Desember 2019, dinilai telah memimpin perusahaan yang melayani kebutuhan hidup seluruh rakyat Indonesia ini dengan hati dan keikhlasan.

“Amanah dalam mengelola PLN untuk bertahan dan tetap melayani, serta meringankan beban masyarakat miskin dan tidak mampu saat pandemi COVID-19 mengisyaratkan beliau memahami komitmen yang diemban,” tutur Erick.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini