Share

6 Tanaman yang Mudah Dirawat di Dalam Rumah, Bisa Hidup Tanpa Matahari Lho

Sevilla Nouval Evanda, Jurnalis · Sabtu 11 Desember 2021 19:30 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 07 470 2513470 6-tanaman-yang-mudah-dirawat-di-dalam-rumah-bisa-hidup-tanpa-matahari-lho-pRTfkLJH5A.jpg Tanaman ular atau snake plant (Foto: Real Simple)

JAKARTA - Setiap tanaman memerlukan setidaknya sedikit cahaya matahari untuk bertahan hidup. Hal ini terkadang jadi hambatan bagi orang yang ingin merawat tanaman hias di dalam rumah dengan cahaya matahari yang minim.

Padahal, terdapat beberapa tanaman yang dapat hidup dengan sedikit cahaya matahari. Tanaman-tanaman ini dapat menjadi pilihan untuk Anda rawat. Mereka dapat terus tumbuh tanpa adanya sinar matahari yang cukup sering, tak seperti kebanyakan tanaman hias lain.

Berikut 6 Tanaman hias yang sulit mati meski dengan minimnya sinar matahari, dilansir dari Real Simple pada Sabtu (11/12/2021):

Baca Juga: Banyak Manfaat, Cek 6 Langkah Menanam Blustru di Halaman Rumah

1. Tanaman Ular atau Snake Plant

Tanaman ini tumbuh dengan baik di sudut yang jauh dari jendela. Daunnya yang runcing tampak modern dengan aneka warna yang terlihat cantik di dalam pot, baik kecil maupun besar.

Tanaman ular sangat toleran terhadap pengabaian. Menurut penanam profesional dari Weatherlow Florals, Phoebe Poole, tanah hanya harus disiram saat lapisan atasnya benar-benar kering. "Biasanya memakan waktu sekitar dua hingga tiga minggu," lanjut Poole.

Baca Juga: Viral! Wanita Cantik Ini Beberkan Omzet Menggiurkan dari Bisnis Green House Hidroponik

2. Tanaman Laba-Laba (Spider Plant)

Biasanya, tenaman dengan daun beraneka warna hijau dan putih terlihat sebagai tanaman gantung dengan cahaya rendah di kantor-kantor. "Tanaman laba-laba tumbuh seperti rumput liar jika Anda terus memangkasnya dan tidak membiarkannya membusuk," komentar Poole.

Menurutnya, perlu menyimpan piring di bawah pot dengan drainase untuk menghindari pertumbuhan yang berlebihan. "Lebih baik memotong daun atau sulur yang sekarat, karena tanaman akan memberikan lebih banyak energi untuk pertumbuhan baru daripada mencoba menjaga daun itu tetap hidup." lanjutnya.

3. Pothos

Tanaman Pothos justru akan mati jika dirawat dengan berlebihan. Mereka tidak perlu mendapatkan banyak sinar matahari. "Mereka hampir ingin sedikit kelaparan, jadi biarkan mereka benar-benar kering di antara waktu penyiraman," kata Poole.

Poole berpikir bahwa tumbuhan ini justru dapat berkembang dengan baik di kantor-kantor karena banyak orang yang lupa untuk menyiraminya. Cukup sirami tanaman Pothos saat benar-benar membutuhkannya.

Pothos

Cara untuk mengetahuinya adalah dengan menempelkan jari ke tanah tanaman dan rasakan apakah tanahnya sudah kering, atau mengangkat pot dan menentukan beratnya. Sebab, tanaman yang memerlukan air cenderung terasa ringan.

Jika tanaman Pothos perlu dipangkas, Anda bisa membuat tanaman kecil baru dengan menempatkan potongan tanaman dalam secangkir air dan meletakkannya di ambang jendela sampai akar baru tumbuh.

4. Maidenhair Fern

Hal yang paling rumit dari pakis satu ini adalah tak boleh terlalu banyak air ataupun kekurangan. "Tanaman ini benar-benar ingin lembab, bukan basah," kata Poole.

Dirinya menyarankan, masukkan tanaman ini ke dalam pot tanah liat dan jangan menyiramnya dari atas. Sebaliknya, letakkan batu-batu kecil pada piring di bagian bawah pot. Dengan begitu, kelembapan akan tercipta sendiri di sekitar tanaman.

Pakis ini dapat disimpan di ruangan yang lembap seperti kamar mandi.

5. Ivy

Ivy populer sebagai tanaman luar ruangan dan sisi bangunan. Tanaman yang satu ini juga merupakan tanaman indoor dengan pencahayaan rendah yang bagus. Terlebih, Ivy juga memiliki berbagai variasi berwarna hijau murni atau putih hijau.

Ivy

Daunnya yang mengalir sangat toleran terhadap pengabaian. Ivy hanya harus disiram saat bena-benar kering.

“Meskipun tidak perlu dipangkas, jika ingin lebih lebat bisa dipotong kembali. Ini adalah tanaman lain yang mudah diambil steknya untuk menumbuhkan tanaman baru. Ambil potongannya dan masukkan ke dalam segelas air sampai bentuk akar," kata Poole.

6. Tanaman Burung Cendrawasih

Tanaman ini mempunyai tampilan tropis, tetapi tidak perlu banyak dirawat. Cukup pastikan ada drainase yang tepat di tempatnya. Siramlah saat tanah di bagian atas terasa kering.

Tanaman ini akan membutuhkan waktu lima tahun atau lebih untuk mekar, tetapi daunnya yang besar akan menambah getaran tropis ke ruangan Anda.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini