Share

Waspada! Erick Thohir Ingatkan Ekonomi Indonesia Lampu Kuning pada 2038

Suparjo Ramalan, iNews · Minggu 12 Desember 2021 07:42 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 12 320 2515676 waspada-erick-thohir-ingatkan-ekonomi-indonesia-lampu-kuning-pada-2038-rV3MYm932T.jpg Erick Thohir (Foto: Dok BUMN)

JAKARTA - Menteri BUMN Erick Thohir mengingatkan bahwa ekonomi Indonesia pada 2038 akan lampu kuning. Apa maksudnya ya?

"Kita masih tumbuh terus hingga 2045. Tapi, tadi saya kasih lihat slide Brasil, nanti di 2038 kita uda mulai lampu kuning, ketika apa? Pertumbuhannya melambat," ujar Erick, Sabtu (11/12/2021).

Diakui Erick Thohir, ekonomi Indonesia akan tetap tumbuh hingga 2045, namun dirinya juga tak mengelak akan terjadi perlambatan pertumbuhan ekononi pada 2038.

Baca Juga: RI Dipaksa Teken Perjanjian, Jokowi Menolak Permintaan Negara G20! Erick Thohir: Para Menteri Mendukung

 

Istilah lampu kuning untuk menggambarkan kondisi makro ekonomi Tanah Air belum begitu jelas. Hanya saja, Erick menyinggung pada saat ini pendapatan kelas menengah (middle income class) mengalami perlambatan, bahkan menyusut.

"Yang namanya segitiga kita berubah jadi begini (segitiga terbalik) segitiga yang tadinya bonus demografi banyak, middle income class-nya tumbuh, nanti berubah orang tuanya banyak, middle income class-nya susut, ini realita," ujarnya.

Untuk mengantisipasi hal tersebut, pemerintah perlu melakukan intervensi pada proses hilirisasi sumber daya alam (SDA) yang dimiliki saat ini. Langkah itu dilakukan melalui program transfoemasi sejumlah perusahaan negara.

"BUMN sebagai sepertiga dari kekuatan ekonomi Indonesia, kita melakukan penyeimbangan dan intervensi. Jadi, di sini saya bilang, sudah waktunya kita menjadi sentra pertumbuhan ekonomi dunia yang berdasarkan roadmap atau blueprint yang Indonesia punya, bukan yang negara lain punya," ujarnya.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini