Share

5 Fakta Orang Terkaya di Indonesia, Ada OKB hingga Tua-Tua Keladi Tajir Melintir

Sevilla Nouval Evanda, Jurnalis · Sabtu 18 Desember 2021 07:03 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 17 455 2518761 5-fakta-orang-terkaya-di-indonesia-ada-okb-hingga-tua-tua-keladi-tajir-melintir-xuqdajPxae.png Fakta-Fakta Orang Terkaya Indonesia (Foto: Forbes)

JAKARTA - Forbes merilis daftar 50 orang terkaya Indonesia tahun 2021. Kekayaan kolektif 50 orang terkaya di Indonesia tembus hingga Rp1.314 triliun.

Hartono bersaudara masih menjadi orang terkaya di Indonesia. Selain mereka yang paling tajir, daftar orang terkaya itu juga menyimpan sejumlah fakta yang menarik untuk dikulik.

Berikut Okezone merangkum 5 fakta menarik orang-orang paling kaya se-tanah air, Sabtu (18/12/2021):

 

1. Adik Kakak Terkaya

Adik-kakak Robert Budi Hartono dan Michael Bambang Hartono kembali menjadi orang nomor satu terkaya di Indonesia versi Forbes 2021. Jika digabungkan, harta keduanya bahkan tembus USD42,6 miliar (setara Rp609,1 triliun).

Mayoritas harta mereka meningkat ulah kenaikan saham BCA, perusahaan di mana mereka menjadi pemegang saham terbesarnya. Sebelum tahun ini, kedua anak dari pendiri Djarum, Oei Wie Gwan ini telah berkali-kali bertakhta di atas kursi orang terkaya satu negara.

Selain investasi di BCA, cuan mereka juga mengalir lewat bisnis di sektor elektronik, Polytron dan sektor media, Djarum Super Soccer TV dan Mola TV.

 

Baca Juga: Wow, Segini Kekayaan Bos Indomaret dan Alfamart! Ada yang Punya Harta Rp121,5 Triliun

2. Orang Kaya Baru, Hartanya Berapa?

Orang terkaya baru di Indonesia terdiri dari empat orang, yakni Otto Toto Sugiri, pendiri sekaligus Presiden Direktur DCI Indonesia yang berharta Rp35,7 triliun, Marina Budiman, Presiden Komisaris PT DCI Indonesia Tbk (DCII) berharta Rp21,4 triliun, serta Han Arming Hanafia yang merupakan salah satu pendiri PT DCII berharta Rp17 triliun.

Tak ketinggalan, ada juga John Kusuma yang merupakan generasi ketiga keluarga pemilik perusahaan produsen rokok, Nojorono Tobacco International. Hartanya tahun ini sudah tembus Rp20 triliun.

3. Ada 3 Wanita Tajir dengan Harta Triliunan

Tak cuma laki-laki, daftar 50 orang terkaya Indonesia juga dihiasi wanita-wanita ini: Marina Budiman yang juga pendatang baru, Arini Subianto, dan Kartini Muljadi. Ketiganya masing-masing memiliki harta triliunan.

Marina punya harta sebesar Rp21,4 triliun. Sementara itu, kekayaan Arini tembus Rp13,9 triliun. Kartini Muljadi juga punya kekayaan hampir Rp10 triliun, yakni Rp9,9 triliun.

4. Miliarder Termuda

Forbes juga merilis daftar orang-orang terkaya Indonesia yang juga masih terbilang muda. Usia mereka berada di rentang 45 - 56 tahun. Salah satu yang paling kaya di antara mereka adalah Jerry Ng yang punya harta hingga Rp50 triliun.

Paling muda adalah Ciliandra Fangiono, CEO First Resource berusia 45 tahun yang hartanya tembus Rp26,1 triliun. Ada juga Arini Subianto, wanita berusia 50 tahun yang merupakan putri sulung taipan Indonesia, Benny Subianto yang wafat pada 2017 lalu.

Perusahaan Persada Capital Investama milik mendiang ayahnya itu diambil alih oleh Arini yang kini punya harta sebesar Rp13,9 triliun.

Tak terlewat, masih ada John Kusuma, pria 55 tahun dengan harta yang mencapai Rp20 triliun dan Garibaldi Thohir, bapak 56 tahun yang merupakan CEO sekaligus pemegang saham signifikan Adaro Energy, eksportir batubara top Indonesia yang kini menjadikan dirinya berharta Rp37,1 triliun.

5. Tua-Tua Keladi Tajir Melintir

Giliran yang tertua, kakek ini masih punya harta sebesar Rp14,3 triliun di usia senja, yakni 93 tahun. Lim Hariyanto Wijaya Sarwono. Dirinya adalah miliarder yang sumber kekayaannya berasal dari saham mayoritas di produsen minyak sawit, Bumitama Agri.

Tak ketinggalan pula empat miliarder lain yang tak berbeda jauh usianya, yakni Mochtar Riady (92) berharta Rp26,4 triliun, Kartini Muljadi (91) berharta Rp9,9 triliun, Boenjamin Setiawan (88) dengan total kekayaan Rp60 triliun, serta Soegiarto Adikoesoemo (83) yang memiliki harta sebanyak Rp12,2 triliun.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini