10 Cara Menjaga Karyawan agar Tetap Fokus dan Semangat Kerja pada 2022

Erlinda Septiawati, Jurnalis · Minggu 26 Desember 2021 20:15 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 24 622 2522076 10-cara-menjaga-karyawan-agar-tetap-fokus-dan-semangat-kerja-pada-2022-0zYUIQdNp1.jpg 10 Cara Menjaga agar Karyawan Semangat Kerja (Foto: Shutterstock)

JAKARTA – 10 cara menjaga karyawan agar tetap fokus dan semangat kerja pada 2022 akan diulas dalam artikel. Para pemimpin perusahaan harus mengetahui agar menjaga keberlangsungan usahanya.

Secara disadari kemajuan sebuah perusahaan juga melibatkan karyawan. Dilihat dari sisi tren teknologi yang muncul, dapat dikatakan bahwa perusahaan akan membutuhkan pekerja yang memberikan 100% kemampuannya di tahun-tahun mendatang untuk terus beradaptasi dan berkembang.

Berikut 10 tips agar karyawan tetap fokus dan termotivasi pada tahun 2022, dilansir dari Entrepreneur, Minggu (26/12/2021):

1. Menjaga Hubungan Semua Karyawan

Pastikan kontak sosial secara teratur dengan tim ketika bekerja maupun di luar jam kerja. Terutama dalam kasus karyawan jarak jauh, ini membuat mereka merasa dihargai dan dilihat. Hal ini juga memungkinkan Anda untuk mengecek kemajuan mereka di seluruh departemen.

 

Baca Juga: Simak Tanda-Tanda Bekerja di Perusahaan yang Tepat

2. Bersikap Fleksibel

Tugas tahunan seringkali menegangkan bagi karyawan dalam menghadapi beban kerja yang tinggi, apalagi jika perusahaan baru pulih dari pandemi Covid-19. Dalam kasus seperti itu, disarankan untuk menyesuaikan tujuan dengan menunggu hingga kuartal pertama tahun 2022.

Ketika Anda mengangkat sedikit beban dari pundak karyawan dan memberi mereka ruang bernapas yang cukup, mereka cenderung merasa lebih termotivasi terhadap tugas yang diberikan.

3. Transparan dalam Komunikasi

Komunikasi yang baik dan benar salah satu bagian penting saat melakukan perubahan manajemen atau membuat pengumuman. Pastikan bahwa pemimpin tim tidak ambigu dalam menyampaikan pernyataan. Lingkungan kerja yang kacau akan menurunkan fokus dan keterlibatan karyawan.

4. Memberikan Dukungan Karyawan

Kemudian diperlukan dukungan kepada karyawan, dapat melalui peningkatan kualitas layanan yang diperoleh dari perusahaan, misalnya beralih ke alat yang lebih canggih dan otomatis.

5. Mulai Membuat Rencana untuk Tahun Berikutnya

Memulai perencanaan untuk tahun yang akan datang sebelum tahun berakhir. Ini membantu memberi karyawan arah dan tujuan yang diharapkan. Dengan rencana tersebut, Anda tidak akan memasuki 2022 dengan bingung dan tidak tahu apa-apa.

 

6. Mendorong Penggunaan Platform Kolaboratif

Platform seperti Zoom, Microsoft Teams, dan Slack telah membantu karyawan di seluruh dunia berkomunikasi dan berkolaborasi dengan rekan kerja dan manajer mereka. Bahkan jika urgensi pandemi mereda, tetap disarankan untuk mendorong pemasangan platform kolaboratif menuju 2022.

Anda dapat meningkatkan kinerja mereka dengan mengintegrasikan meja layanan modern dengan alat yang sama, memungkinkan karyawan Anda mencari jawaban yang dipersonalisasi untuk pertanyaan mereka tanpa meninggalkan platform pilihan mereka.

7. Jujur dalam Menugaskan Suatu Pekerjaan

Beberapa bos atau atasan sering membuat kesalahan dengan menutupi proyek yang tidak menyenangkan sebelum menugaskan, tetapi strategi ini dapat menjadi bumerang, menyebabkan karyawan kehilangan fokus dan motivasi.

Jika Anda menugaskan proyek yang mungkin rumit, selalu transparan dan jujur tentang tugas yang diberikan kepada karyawan. Dengan cara ini, mereka dapat mempersiapkan diri.

8. Berikan Umpan Balik Secara Teratur

 

Sebagian besar pekerja menerima kritik membangun dan umpan balik jujur yang mengintrospeksi sekaligus perubahan yang efektif. Ini akan membantu melacak kemajuan karyawan Anda dari waktu ke waktu dan membantu mereka meningkatkan keterampilan untuk produktivitas yang lebih baik.

9. Fokus pada Kreativitas

Bagi Anda yang berada di industri periklanan atau menjalankan perusahaan IT, selalu dorong karyawan untuk kreatif dalam pendekatan mereka. Sangat penting untuk melepaskan diri dari mode operasi tradisional, dan lebih banyak kreativitas membantu perusahaan menonjol.

10. Penuhi Kesejahteraan Mental Karyawan

Mental karyawan Anda sama pentingnya dengan memastikan bahwa mereka sehat secara fisik. Disarankan untuk memberikan konseling reguler, memungkinkan mereka untuk berbagi masalah yang dihadapi dalam kehidupan profesional dan pribadi masing-masing.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini