Share

Krisis, RI Larang Ekspor Batu Bara Mulai 1 Januari 2022!

Zikra Mulia Irawati, Jurnalis · Sabtu 01 Januari 2022 09:49 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 01 320 2525873 krisis-ri-larang-ekspor-batu-bara-mulai-1-januari-2022-ZZQdBHqbM8.jpg Ekspor Batu Bara Dihentikan. (Foto: Okezone.com/Reuters)

JAKARTA - Pemerintah melarang ekspor batu bara karena mulai 1 Januari 2022. Hal ini karena krisisnya batu bara di dalam negeri.

Kementerian ESDM menindaklanjuti surat dari Direktur Utama PLN perihal krisis pasokan batu bara untuk PLTU dan IPP yang pada pokoknya menyampaikan kondisi pasokan batu bara saat ini kritis dan ketersediaan batu bara sangat rendah. Demikian dikutip dari surat Ditjen Minerba, Sabtu (1/1/2021).

Baca Juga: Bye Batu Bara, Pemimpin G20 Sepakat Setop Pembiayaan PLTU

Persediaan batu bara pada PLTU Grup PLN dan IPP saat ini kritis dan sangat rendah, sehingga mengganggu operasional PLTU yang terdampak kelistrikan nasional.

Oleh karena itu kepada pemegang IUP atau IUPK tahap kegiatan operasi produksi wajib mengutamakan kebutuhan mineral yaiut batu bara untuk kepentingan dalam negeri.

Baca Juga: Produksi Batu Bara Diproyeksi Capai 664 Juta Ton di 2022

Kementerian ESDM menekankan bahwa pemegang IUP atau IUPK dapat melakukan penjualan ke luar negeri komoditas batu bara yang dipenuhi setelah terpenuhinya kebutuhan batu bara dalam negeri.

Selain itu, pemegang IUP wajib mengutamakan pemenuhan kebutuhan batu bara serta memenuhi produksi dan penjualan.

(fbn)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini