Share

Listrik Mati atau Ekspor Batu Bara, Sri Mulyani: Pilihan Sulit

Athika Rahma, Jurnalis · Senin 03 Januari 2022 20:20 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 03 320 2526921 listrik-mati-atau-ekspor-batu-bara-sri-mulyani-pilihan-sulit-wANlZyLeXA.jpg Ekspor Batu Bara Dilarang. (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Menteri Keuangan Sri Mulyani mengatakan soal larangan ekspor batu bara dari 1 hingga 31 Januari 2022. Menurutnya, kebijakan ini diambil untuk menjaga pasokan listrik nasional.

"Ini pilihan sulit, apakah listrik mati dan kita ekspor batu bara, ini jadi policy yang akan kita coba jaga secara hati-hati. Pasti ada pengorbanannya, enggak ada pilihan free," ujar Menkeu dalam konferensi pers di Jakarta, Senin (3/1/2021).

Baca Juga: Presiden Jokowi Ancam Cabut Izin Ekspor Perusahaan Batu Bara, Kenapa?

Lebih lanjut, Menkeu mengatakan kebijakan yang diambil selalu diusahakan agar memiliki dampak negatif seminimal mungkin terhadap rakyat.

Dirinya mengakui, pendapatan batu bara akibat kebijakan ini akan mengalami penurunan. Namun, kepentingan listrik nasional harus tetap diutamakan.

Baca Juga: Ekspor Batu Bara Dilarang, Pengusaha Sudah Cuan Sepanjang 2021?

Wakil Menteri Keuangan Suahasil Nazara menambahkan, ke depannya, pihaknya akan mencari solusi jangka menengah dan panjang.

"Kita carikan solusi untuk ketersediaan listrik, solusi menengah dan panjang. Kita akan menyusun langkah tersebut," ujarnya. 

(fbn)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini