Share

Anggaran Proyek KA Layang Simpang Joglo Solo Rp920 Miliar, Ditargetkan Selesai 2023

Azhfar Muhammad, Jurnalis · Minggu 09 Januari 2022 19:07 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 09 320 2529494 anggaran-proyek-ka-layang-simpang-joglo-solo-rp920-miliar-ditargetkan-selesai-2023-ztf63fbjjV.jpeg Pembangunan rel ganda kereta api solo-semarang dimulai (Foto: Okezone)

JAKARTA - Pembangunan rel ganda kereta api Solo - Semarang fase 1 segmen Solo Balapan - Kalioso telah dimulai. Nantinya, rel ganda sepanjang 10 kilometer spoor (Km'sp) ini, sekitar 1,8 Km'sp nya akan dibangun secara layang (elevated).

Baca Juga: Kisah Preman Tobat Usai Kehilangan Kakinya, Kini Sukses Jualan Kaki Palsu

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan untuk total biaya anggaran proyek pembangunan rel Layang ganda ini dianggarkan mencapai 920 Miliar dan ditargetkan pembangunannya selesai pada tahun 2023.

“Proyek rel ganda KA Solo Balapan - Kalioso sepanjang 10 Km'sp, dibangun dengan biaya sekitar Rp. 920 Miliar yang berasal dari rupiah murni dan Surat Berharga Syariah Negara (SBSN). Ditargetkan, pembangunannya selesai pada akhir tahun 2023,” kata Menhub Budi Karya dalam keterangan resmi yang diterima MPI, Minggu (9/1/2022).

Baca Juga: Masuk ke Ruang Bawah Tanah Rumahnya, Pria Ini Kaget Temukan Rel Kereta Api

Pembangunan jalur ganda ini adalah proyek kolaborasi antara Kemenhub, Kementerian PUPR, Pemerintah Provinsi Jawa Tengah, dan Pemerintah Kota Solo yang akan merekayasa perjalanan jalur transportasi darat.

“Sehingga nantinya di samping intensitas perjalanan kereta api yang terus meningkat, perjalanan jalur darat pun tidak terdampak negatif,” tambahnya.

Dengan demikian dibangunnya rel layang diharapkan headway kereta api dan sejumlah kendaraan dapat terurai dan menurun signifikan.

Sementara itu, Walikota Solo Gibran Rakabuming Raka menjelaskan, dengan dimulainya pekerjaan penataan Simpang Joglo, pihaknya telah mengantisipasi dampak lalu lintas dan dampak sosial dengan baik, dengan melakukan sosialisasi dan komunikasi dengan masyarakat sekitar.

“Penataan ini juga bisa mengatasi banjir, karena nantinya akan dibangun drainase menuju sungai Kalianyar. Penataan Simpang Joglo ini akan menjadi Ikon baru di kota Solo,” ujar Walikota Gibran.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini