Share

Menko Luhut Tegaskan PLN Siap Beli Batu Bara dengan Harga Pasar

Azhfar Muhammad, Jurnalis · Selasa 11 Januari 2022 09:20 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 11 320 2530307 menko-luhut-tegaskan-pln-siap-beli-batu-bara-dengan-harga-pasar-8LOJWS2anU.jpg PLN Siap Beli Batu Bara dengan Harga Pasar. (Foto: Okezone.com/PLN)

JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves), Luhut Binsar Pandjaitan membentuk badan layanan umum (BLU) untuk mengatur subsidi pembelian batu bara. Luhut menilai, skema baru pembelian batu bara bagi PLN dengan membeli batu bara dengan harga pasar bukan lagi harga Domestic Market Obligation (DMO) sebesar USD70 per ton.

“Jadi nanti akan ada (dibentuk) BLU, BLU akan bayar ke PLN, jadi ada selisih harga basis di USD70 itu nanti akan dilihat berapa selisihnya yang masuk ke BLU,” Kata Menko luhut saat ditemui MNC PORTAL dikantornya, Senin (10/1/2022).

Baca Juga: Skema Baru Pengadaan Batu Bara Bikin Tarif Listrik Naik? Begini Penjelasan Luhut

Menko Luhut menyampaikam seluruh perusahaan batu bara nantinya akan memiliki kewajiban sama untuk melakukan subsidi.

Baca Juga: Ekspor Dibuka, Luhut Ingatkan Jangan Sampai Batu Bara ke PLN Kurang

“Kalo dia di atas USD70– USD100, USD120 jadi pemerintah bisa di untungkan lagi. Orang tidak main-main lagi.Jadi semua perusahaan batu bara punya kewajiban sama untuk subsidi tadi. Tidak ada lagi mekanisme pasar terganggu," ungkapnya.

Saat ini, pemerintah tengah mempersiapkan pembentukan BLU dengan Kementerian Keuangan, termasuk berapa besaran iuran yang akan dipungut. Targetnya dua bulan akan selesai.

"Itu disiapin sekarang, satu dua bulan ini akan selesai. Wakil menteri keuangan dengan tim sedang siapkan,nanti akan kami sampaikan detail," pungkasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini