Masih Tersisa Rp100 Triliun, Sri Mulyani Singgung Kepala Daerah Tak Maksimal Gunakan APBD

Ahmad Hudayanto, Jurnalis · Rabu 12 Januari 2022 03:49 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 11 320 2530635 masih-tersisa-rp100-triliun-sri-mulyani-singgung-kepala-daerah-tak-maksimal-gunakan-apbd-XOuYondcsi.jpg Menkeu Sri Mulyani sindir Kepala Daerah (Foto: Okezone)

JAKARTA – Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati kembali menyinggung kepala daerah yang tidak maksimal memanfaatkan belanja APBD. Seperti halnya anggaran transfer ke daerah dan dana desa (TKDD) yang diberikan pemerintah pusat ke daerah.

Dan Sri Mulyani meminta kepala daerah untuk memperbaiki kinerja belanja anggaran tersebut. Anggaran TKDD tersebut dianggap penting sebab diambil hampir sepertiga dari ABPN. Tujuannya agar mendukung pemulihan ekonomi, pembangunan, dan operasional di daerah.

“TKDD ini menjadi instrumen kita untuk bisa mendukung pemerintah daerah menjalankan fungsinya, bukan membebani, yaitu untuk melayani masyarakat,” ujar Sri Mulyani dalam acara Bimbingan Teknis Anggota DPRD dalam rangka Memperingati Hari Ulang Tahun ke-49 PDI Perjuangan, Senin (10/1/2022).

Pada APBN 2021 dana tersebut telah terserap Rp785,7 triliun atau 98,8% dan masih tersisa Rp100 triliun.

“Saya masih melihat teman-teman di daerah APBD-nya belum 100 persen optimal satu sinergi dengan APBN. Jadi waktu APBN-nya mau mendorong ekonomi, banyak APBD-nya malah ngerem sehingga waktu Presiden Jokowi mau ngegas, Anda ngerem sehingga jalannya menjadi tidak optimal, tidak secepat yang kita inginkan,” tegasnya.

Baca selengkapnya: Sri Mulyani Sentil Kepala Daerah Tak Habiskan Rp100 Triliun: Pak Jokowi Mau Ngegas, Anda Ngerem

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini