Orang Kaya yang Membeli Tanah Digital di Metaverse

Tika Vidya Utami, Jurnalis · Jum'at 14 Januari 2022 22:05 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 14 320 2532163 orang-kaya-yang-membeli-tanah-digital-di-metaverse-cpebcyVrt8.jpg Orang Kaya yang Membeli Tanah Digital di Metaverse. (Foto: Okezone.com/Freepik)

JAKARTA - Metaverse menjadi primadona ketika Facebook mengganti nama menjadi Meta. Diketahui, Metaverse pertama kali muncul pada 1992 dalam Novel Snow Crash karya Neal Stephenson.

Bahkan beberapa orang mulai melirik Metaverse sebagai ladang mencari cuan. Terdapat sejumlah orang yang telah mendirikan tanah hingga bisnis di Metaverse.

Snoop Dogg

Snoop Dogg merupakan seorang rapper. Diketahui, Snopp Dogg merilis Metaverse-nya yang diberi nama Snoopverse. Dia telah membangun rumah digital. Bahkan seorang fansnya rela membeli properti virtual di Snoopverse dengan nilai USD450 ribu.

Baca Juga: Keren! Pemerintah Siapkan Ibu Kota Negara dalam Bentuk Metaverse

Harga tersebut terbilang mahal. Hal ini lantaran properti virtual yang dijual di Snoopverse tepat berada di sebelah rumah virtual milik Snoop Dogg. Fans tersebut rela mengeluarkan kocek yang mahal untuk dapat menjadi tetangga Snoop Dogg di Snoopverse.

JJ Lin

JJ Lin adalah seorang penyanyi, penulis lagu, produser rekaman, dan aktor Singapura. Dia membeli tanah di Decentraland. Saat ini, dia mempunyai tiga plot virtual di Decentraland, yaitu Prime Gallery 1, Prime Gallery 2, serta Nearest to Genesis Plaza. Ketiga plot tersebut dibeli melalui NFT (non-fungible token) di Opensea.

Baca Juga: Wih! Ibu Kota Baru Akan Dibuat Metaverse

Harga setiap slotnya dihargai 6000 MANA (kripto Decentraland) atau sekitar 41.000 dolar Singapura. Menurut catatan transaksi OpenSea, dua dari tiga plot (Prime Gallery 1 dan Prime Gallery 2 ) dibeli oleh pemilik akun OpenSea bernama Dan309.

Huang Heshan

Huang Heshan merupakan seorang seniman. Dia telah membuat rumah virtual sebagai proyek seni. Proyek tersebut dinamakan TooRichCity. TooRichCity merupakan sebuah kota yang dipimpin oleh seorang pria botak setengah baya.

Bangunannya terdiri dari menara-menara yang terbuat dari beton 3D. Pada Juli 2021, Huang Heshan ini menambahkan sudut pada Metaverse-nya sambil mempersiapkan acara pembuat konten. Dia telah menjual 310 rumah digital dalam bentuk NFT.

Tika Vidya Utami/Litbang MPI

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini