Share

Bandara Antariksa sampai Tol Bawah Air, Ini Fakta Infrastruktur Baru di IKN Nusantara

Sevilla Nouval Evanda, Jurnalis · Rabu 26 Januari 2022 04:10 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 25 470 2537694 bandara-antariksa-sampai-tol-bawah-air-ini-fakta-infrastruktur-baru-di-ikn-nusantara-WItLUxMy5p.jpeg Pemindahan ibu kota baru (Foto: Shutterstock)

JAKARTA - Pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) akan resmi dimulai usai disahkannya RUU Ibu Kota Negara menjadi UU. Adapun wacana beberapa infrastruktur yang akan dibangun, di antaranya tol bawah laut hingga bandara antariksa.

Untuk bandara antariksa, pertama kali dicetuskan menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN/Bappenas) Suharso Monoarfa yang menyebut bahwa kemungkinan ketua Pansus telah berkunjung ke SpaceX di LA untuk meminta tempat peluncuran pesawat terbang dengan kecepatan luar biasa.

Bandara itu disebut bakal bermanfaat untuk penerbangan ke Amerika Serikat (AS) yang hanya akan memerlukan waktu 2 jam.

Selain itu, ada juga rencana diadakannya tol bawah laut untuk menyebrangi sungai atau muara. Bahkan, tol ini pun disebut akan terhubung dengan jalan tol Balikpapan-Samarinda. "Nanti akan ada satu tempat di mana akan tersambung ke IKN dan di situlah nanti pada saat akan menyeberang sungai, maka akan menggunakan terowongan penyeberangan bawah air," katanya.

Baca selengkapnya: Wow! Ibu Kota Nusantara Bakal Punya Bandara Antariksa hingga Tol Bawah Laut, Ini 4 Fakta Sebenarnya

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini