Share

8 Negara 'Kecanduan' Batu Bara Indonesia

Athika Rahma, Jurnalis · Jum'at 28 Januari 2022 13:44 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 28 320 2539259 8-negara-kecanduan-batu-bara-indonesia-AMFMwsUOgl.jpg 8 Negara Ketergantungan dengan Batu Bara Indonesia. (Foto: Okezone.com/Reuters)

JAKARTA - Indonesia menjadi salah satu negara penghasil batu bara terbanyak dunia. Pasokan batu bata Indonesia lebih banyak diekspor daripada digunakan untuk dalam negeri.

Sejak larangan ekspor batu bara diberlakukan, sejumlah negara langsung 'ketar ketir' karena tidak memiliki pasokan untuk kebutuhan mereka. Kementerian ESDM mencatat, sudah 8 negara yang meminta Indonesia segera cabut larangan ekspor.

Baca Juga: Atasi Krisis Batu Bara, PLN Tak Lagi Pakai Trader

"Ketika kita larang ekspor setidaknya ada 8 negara sahabat yang hubungi kita minta agar larangan ekspor dicabut. Setidaknya 8 negara ini ketergantungan terhadap batu bara sangat tinggi," ujar Dirjen Mineral dan Batu Bara Kementerian ESDM Ridwan Djamaluddin, ditulis Jumat (28/1/2022).

Ridwan tidak menjelaskan negara mana saja yang menghubungi Indonesia terkait hal ini, namun setidaknya sudah ada 3 negara yang dengan terang-terangan meminta Indonesia untuk mencabut larangan ekspor batu bara, yaitu Jepang, Korea dan Filipina.

Baca Juga: Bagaimana Kondisi Batu Bara di RI?

Lanjutnya, batu bara memang masih menjadi sumber energi primer. Sebanyak 70% batu bara di dunia masih digunakan untuk pembangkit listrik.

"Realita ini hendaknya menjadi cermin bahwa kita dengan segala upaya untuk transisi energi tetap harus melakukan sesuai ritme dan kebutuhan," ujarnya.

(fbn)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini