Share

Dapat Angpau Imlek, Simak Cara Kelola agar Tak Boncos

Antara, Jurnalis · Minggu 30 Januari 2022 12:29 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 30 622 2540011 dapat-angpau-imlek-simak-cara-kelola-agar-tak-boncos-K99hLuW3zY.jpg Tips Keuangan saat Dapat Angpau Imlek. (Foto: Okezone.com/Publicradiointernasional)

JAKARTA - Tahun Baru Imlek identik dengan pemberian angpau. Anak-anak atau orang dewasa yang belum menikah kerap mendapat angpau yang nilainya lumayan dan bisa diatur penggunaannya.

“Saat mendapat angpau, berapapun jumlahnya akan sangat berguna untuk memenuhi kebutuhan yang sempat tertunda tanpa perlu mengorbankan pos keuangan lainnya," kata Branding and Communication Strategist MiPOWER Sequis Ivan Christian Winatha, dikutip dari Antara, Minggu (30/1/2022).

Baca Juga: Yakin Ikut Arisan Sama Aja dengan Nabung?

Ivan mengatakan, angpau sifatnya temporer sehingga sebaiknya jangan dihabiskan saat itu juga. Anda perlu mempertimbangkan dalam memanfaatkannya guna persiapan masa depan, seperti menabung, investasi, dan asuransi sebab Anda tidak mengetahui apakah kondisi finansial kita pada masa mendatang akan selalu stabil atau menurun.

Angpau, tunjangan hari raya (THR), bonus, fee dari freelance termasuk dalam pendapatan tambahan atau tidak rutin, berbeda dengan gaji bulanan atau memiliki properti untuk disewakan secara rutin yang dapat dikategorikan dalam pendapatan tetap.

Baca Juga: Wajib Dicoba! Ini 4 Tips Jitu dari MNC Bank untuk Wujudkan Resolusi Keuangan 2022

Menurut Ivan, mendapatkan pendapatan tambahan bisa membahagiakan karena pundi-pundi bertambah. Tetapi, pendapatan tidak rutin tidak bisa Anda andalkan karena sifatnya temporer, tidak selalu ada atau jumlahnya tidak tetap sehingga saat mendapatkan tambahan atau jika hanya mengandalkan penghasilan tidak rutin maka bijaklah mengatur cash flow.

"Agar keuangan tidak bocor karena saat uang cash lebih banyak dari biasanya, ada saja yang menjadi impulsif belanja tanpa pertimbangan matang," ujarnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini