Share

7 Tips Mencapai Merdeka Finansial

Erlinda Septiawati, Jurnalis · Sabtu 05 Februari 2022 17:43 WIB
https: img.okezone.com content 2022 02 05 622 2542852 7-tips-mencapai-merdeka-finansial-o0k2xG2Hsv.jpg Tips mencapai merdeka finansial (Foto: Shutterstock)

JAKARTA โ€“ Merdeka finansial tentu diinginkan oleh banyak orang. Namun, untuk hal itu juga diperlukan jalan dalam meraihnya.

Perencana keuangan dan CEO Zap Finance Prita Hapsari Ghozie membagikan tips mencapai kemerdekaan finansial. Mulai dari merencanakan keuangan hingga ditahap pencapaian tersebut.

โ€œSalah satu bocorannya, investasi adalah jalan mutlak menuju bebas finansial. Mumpung masih muda, mulai biasakan berinvestasi setidaknya 10% dari penghasilan,โ€ ujar Prita dikutip pada laman Instagramnya, Sabtu (5/2/2022).

Dia mengatakan bahwa berinvestasi merupakan salah satu cara untuk mencapai kemerdekaan finansial.

โ€œJika untuk jangka panjang, investasi saham bisa menjadi pertimbangan. Tapi, jangan jadi tebak-tebakan deh, karena investasi saham, bukan main saham,โ€ katanya.

Berikut 7 tips mencapai merdeka finansial, dilansir dari akun Instagramnya @pritaghozie.

1. Rencana Keuangan

Pertama, mempunyai rencana keuangan berguna agar jelas sebagai pondasi tujuan hidup dan prioritas sesuai dengan yang inginkan.

2. Bijak Berutang

Kedua, lepaskan diri dari berbagai pinjaman yang sifatnya tidak penting dan pinjaman yang membuat keuangan menjadi berantakan serta tinggalkan hal -hal yang konsumtif.

3. Bangun Dana Darurat

Ketiga, diperlukan untuk membangun dari sekarang dengan 3 kali pengeluaran rutin bulanan. Lalu, pelan-pelan ditambahkan hingga mencapai ideal 12 kali pengeluaran rutin bulanan

4. Start Investasi

Keempat, dengan memulai investasi karena penting untuk membantu meraih berbagai tujuan keuangan yang Anda miliki.

5. Membangun Passive Income

Kelima, cara membangun passive income yaitu dengan membangun aset portofolio yang bisa menjadi sumber penghasilan, selain dari pekerjaan utama.

6. Mengelola Passive Income

Keenam, setelah mendapatkan passive income perlu dikelola untuk menempatkan pos living dan playing. Namun, tetap melakukan upaya berinvestasi.

7. Mencapai Kemerdekaan Finansial

Ketujuh, lakukan investasi sebagai jalan mutlak untuk mencapai kemerdekaan finansial dengan memulai 5% - 10% penghasilan bahkan, bisa mencapai 30% - 50% penghasilan. Investasi dapat dilakukan di berbagai produk keuangan yang legal seperti reksadana maupun saham.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini