Share

Mal Tak Ditutup, APPBI Sebut Ritel Menjerit Imbas Omicron

Kurniasih Miftakhul Jannah, Jurnalis · Jum'at 11 Februari 2022 05:53 WIB
https: img.okezone.com content 2022 02 11 320 2545509 mal-tak-ditutup-appbi-sebut-ritel-menjerit-imbas-omicron-M2rxJ28fX9.jpg Mal tetapberoperasi saat PPKM level 3 (Foto: MPI)

JAKARTA - Pemerintah menerapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 3 di Jakarta, Bandung, Bekasi, Depok, Tangerang Banten (Jabodetabek) hingga 14 Februari 2022.

Namun, Menteri Koordinasi Bidang Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan (Menko Marves) memastikan tidak akan melakukan penutupan terhadap sejumlah aktivitas ekonomi di masa PPKM Level 3 mulai dari mal, bioskop dan tempat wisata.

Sayangnya meski tak ada penutupan mal, sektor ritel tetap terkena dampak meningkatnya kasus covid-19.  Ketua Umum Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) Alphonsus Widjaja mengatakan, peningkatan omicron berdampak namun tidak separah ketika varian delta.

"Tentu berdampak tapi tidak seberat seperti pada saat penutupan operasional sementara waktu," kata dia kepada Okezone, Jumat (11/2/2022).

Dia menuturkan, tren kenaikan tingkat kunjungan ke Pusat Perbelanjaan tersebut mulai melandai sejak minggu. Diduga selain karena peningkatan kasus covid-19, mal juga tengah memasuki low season.

"Selain dikarenakan memang memasuki low season, juga dikarenakan kehati - hatian masyarakat terhadap penyebaran COVID-19 varian Omicron yang sangat masif," ucapnya.

Sebelumnya, Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) Nomor 09 Tahun 2022 tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 3, Level 2 dan Level 1 Corona Virus Disease 2019 di Wilayah Jawa dan Bali.

Untuk kegiatan pada pusat perbelanjaan/mall/pusat perdagangan dibuka dengan kapasitas maksimal 60% (enam puluh persen) sampai dengan Pukul 21.00 waktu setempat

Simak aturan dan regulasi terbaru masuk mal/ pusat perbelanjaan di kawasan Level 3 atau Jabodetabek dengan ketentuan sebagai berikut:

1) Telah memperhatikan ketentuan jam operasional mal/ pusat perbelanjaan hingga pukul 21.00 WIB dengan kapasitas maksimal 60 Persen.

2) Untuk anak usia di bawah 12 (dua belas) tahun diperbolehkan masuk dengan syarat didampingi orang tua.

3) Untuk tempat bermain anak-anak, dan tempat hiburan dalam pusat perbelanjaan/ mall/ pusat perdagangan dapat dibuka dengan kapasitas maksimal 35% (tiga puluh lima persen) dengan syarat menunjukkan bukti vakinsasi lengkap untuk setiap anak yang masuk.

4) Semua Wajib menggunakan aplikasi PeduliLindungi terhadap semua pengunjung dan pegawai serta hanya dengan kategori Hijau dalam aplikasi PeduliLindungi yang boleh masuk kecuali tidak bisa divaksin karena alasan kesehatan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini