Share

Buntut Aksi Sopir Truk ODOL Blokir Jalan Tol, Kemenhub Perketat Penertiban di 2023

Iqbal Dwi Purnama, Jurnalis · Kamis 24 Februari 2022 15:45 WIB
https: img.okezone.com content 2022 02 24 320 2552491 buntut-aksi-sopir-truk-odol-blokir-jalan-tol-kemenhub-perketat-penertiban-di-2023-IrMw9eEfZy.jpg Kemenhub perketat penertiban truk ODOL di tahun 2023. (Foto: Okezone)

JAKARTA - Direktur Jendral Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Budi Setiyadi meluruskan soal kabar Undang-Undang (UU) baru yang mengatur masalah truk ODOL (Over Dimension Over Load).

Dia menegaskan, kalau menjelang tahun 2023 Dirjenhubdat bersama Korlantas Polri, Jasamarta, BUJT akan meningkatkan pengawasan terhadap truk-truk ODOL, agar target untuk menertibkan di tahun 2023 dapat terwujud.

 BACA JUGA:Kemenhub Panggil Sopir Truk yang Protes Aturan ODOL

"Tidak ada UU ODOL seperti yang dikatakan pengemudi, kita hanya penguatan terkait regulasi yang sudah ada," ujar Budi pada konferensi persnya, Kamis (24/2/2022).

Dia menambahkan, sudah banyak langkah yang dilakukan terkait pengaturan truk ODOL.

"Kita sudah melakukan edukasi, kemudian kita juga melakukan kampanye, kita juga melakukan sosialisasi," sambungnya.

Di mana sosialisasi itu dilakukan kepada Askarindo (Asosiasi Karoseri Indonesia), serta dilanjut ke para APM selaku produsen mobil truk barang.

 BACA JUGA:Ada Usulan Truk ODOL Didenda Ratusan Juta, Setuju?

"Juga sasarannya adalah kepada operator kendaraan logistik termasuk kepada asosiasi, berikutnya kita juga berkomunikasi kepada asosiasi pengemudi," jelasnya.

Kemudian, dia mengatakan, komitmen untuk menertibkan masalah truk ODOL sudah direncanakan sejak tahun 2021, namun waktu sosialisasi tersebut akhirnya ditambah hingga tahun 2023.

"Dengan adanya pengetatan seperti ini nampaknya para pengemudi melihat bahwa penindakannya cukup konsisten dan komitmen, mereka meminta kepada kita untuk melakukan pertemuan menyampaikan aspirasi mereka," bebernya.

Sebelumnya, para supir truk ODOL ini melakukan protes terhadap Kemenhub.

Mereka menyoroti aturan kemenhub yang melarang truk ODOL melintas di jalan pada tahun 2023.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini