Share

IKEA dan H&M Tutup Toko di Rusia, 15.000 Karyawan Kena PHK

Shelma Rachmahyanti, MNC Media · Jum'at 04 Maret 2022 14:27 WIB
https: img.okezone.com content 2022 03 04 320 2556315 ikea-dan-h-m-tutup-toko-di-rusia-15-000-karyawan-kena-phk-EUh7IQDveH.jpeg PHK Karyawan (Foto: Okezone)

JAKARTA - Dua perusahaan besar, IKEA dan H&M, untuk sementara menghentikan operasi di Rusia dan Belarusia karena invasi ke Ukraina.

IKEA perusahaan furnitur terbesar di dunia, memiliki 17 toko di Rusia. Perusahaan mengatakan konflik tersebut memiliki dampak manusia yang besar dan mengakibatkan gangguan serius pada rantai pasokan dan kondisi perdagangan.

Akibatnya, telah memutuskan untuk menghentikan sementara semua operasi manufaktur dan ritel di Rusia, serta semua perdagangan dengan negara dan sekutunya, Belarusia.

Lusinan perusahaan Barat telah keluar atau menghentikan operasi di Rusia sebagai tanggapan atas invasi, sanksi yang memastikan, dan gangguan pasokan.

IKEA mengatakan 15.000 pekerja akan terkena dampak langsung dari penutupan di wilayah tersebut. Tetapi perusahaan akan terus membayar mereka, setidaknya untuk sementara waktu.

"Ambisi kelompok perusahaan adalah jangka panjang dan kami telah mengamankan pekerjaan dan stabilitas pendapatan untuk waktu dekat dan memberikan dukungan kepada mereka dan keluarga mereka di wilayah tersebut," kata perusahaan itu dalam sebuah pernyataan dikutip CNN, Jumat (4/3/2022)

IKEA juga mengumumkan sumbangan segera sebesar €20 juta (USD22 juta) untuk bantuan kemanusiaan kepada mereka yang terpaksa mengungsi akibat konflik di Ukraina, sebagai tanggapan atas seruan darurat dari Komisaris Tinggi PBB untuk pengungsi.

Induk perusahaan Ingka Group adalah salah satu operator mal terbesar di Rusia. Dikatakan bahwa mal "Mega" akan terus beroperasi untuk menyediakan makanan, pakaian, dan barang-barang ke Rusia.

Baca Juga: Peduli Pejuang Kanker, Donasi Rambut Bersama Lifebuoy dan MNC Peduli Tengah Berlangsung!

H&M

Perusahaan pakaian H&M Group (HNNMY), yang memiliki 168 toko di Rusia, mengatakan Rabu malam bahwa mereka juga telah memutuskan untuk menutup sementara toko di Rusia.

"H&M Group peduli dengan semua kolega dan bergabung dengan semua orang di seluruh dunia yang menyerukan perdamaian," kata peritel mode Swedia itu dalam sebuah pernyataan.

"Pakaian dan kebutuhan lainnya disumbangkan oleh perusahaan," tambahnya.

Ikea dan H&M bergabung dengan semakin banyak perusahaan internasional, termasuk Apple (AAPL), Disney (DIS) dan Ford (F), yang menghentikan operasi di Rusia atas invasinya ke Ukraina.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini