Share

6 Fakta Perusahaan Cabut dari Rusia Imbas Serangan ke Ukraina

Shelma Rachmahyanti, MNC Media · Minggu 06 Maret 2022 06:36 WIB
https: img.okezone.com content 2022 03 05 320 2556933 fakta-fakta-perusahaan-cabut-dari-rusia-imbas-serangan-ke-ukraina-2bxmisAdOy.jpg Perang Rusia-Ukraina (Foto: AFP)

JAKARTA – Rusia melakukan invasi ke Ukraina yang memberikan dampak pada sejumlah perusahaan besar.

Di mana, perusahaan internasional yang beroperasi di Rusia diprediksi akan menerima lebih banyak sanksi dari blok barat.

Berikut daftar perusahaan yang sanksi Rusia yang dirangkum di Jakarta, Minggu (6/3/2022).

1. Renault

Perusahaan pembuat mobil asal Prancis ini memiliki 69% saham di Avtovaz yang merupakan perusahaan patungan Rusia.

2. PepsiCo

Penjualan dari Rusia dan Ukraina sebesar 4,4% pada perusahaan yang bergerak di bidang makanan ringan, makanan, dan minuman ini.

3. Nestle

Pada 2020, Nestle memiliki enam pabrik di Rusia. Di mana, pada 2020 penjualan dari Rusia mencapai sekitar USD1,7 miliar.

4. BP

Perusahaan minyak asal Inggris ini merupakan investor asing terbesar di Rusia. Adapun BP memiliki 19,75% saham di Rosneft yang merupakan perusahaan minyak nasional Rusia.

5. Danone

Danone sebagai pengendali merek susu Rusia Prostokvanhino. Di mana, Rusia berkontribusi sebesar 6% dari total penjualan negara tersebut.

6. Exxon Mobil

Exxon Mobil berencana keluar dari operasi-operasi di Rusia, termasuk ladang produksi minyak, katanya pada Selasa (1/3/2022), menjadi perusahaan energi besar Barat terbaru yang keluar dari negara kaya minyak itu menyusul invasi Moskow ke Ukraina.

Keputusan itu termasuk operasi di proyek produksi minyak dan gas besar di Pulau Sakhalin di Timur Jauh Rusia. British BP PLC, Shell dan Equinor ASA dari Norwegia sebelumnya telah mengungkapkan rencana untuk meninggalkan operasi-operasi di Rusia.

"Mengingat situasi saat ini, Exxon Mobil tidak akan berinvestasi dalam pengembangan baru di Rusia," kata perusahaan itu dalam sebuah pernyataan dikutip Antara.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini