Share

Harga Hotel di Lombok Naik 6 Kali Lipat Jelang MotoGP Mandalika, Ini Kata PHRI

Athika Rahma, Jurnalis · Sabtu 19 Maret 2022 16:45 WIB
https: img.okezone.com content 2022 03 19 470 2564422 harga-hotel-di-lombok-naik-6-kali-lipat-jelang-motogp-mandalika-ini-kata-phri-QqeZaqX3ox.jpg Harga hotel naik enam kali lipat (Foto: Okezone)

JAKARTA - Harga hotel di Lombok jelang penyelenggaraan MotoGP 2022 naik hingga enam kali lipat. Jika biasanya satu kamar hotel dibanderol Rp500 ribu per malam, harganya kini bisa Rp3 juta untuk satu malam.

Fenomena naiknya harga kamar ini ditanggapi oleh Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Nusa Tenggara Barat (NTB) Ni Ketut Wolini. Menurutnya, pihak hotel sendiri memang menyesuaikan harga kamar namun tidak setinggi itu.

"Memang ada kenaikan harga kamar, itu pasti ada, namun dari pihak hotel tidak signifikan sebenarnya, yang sekarang itu bermain di pihak ketiga seperti agen-agen naiknya berlipat-lipat," ungkapnya dalam webinar Polemik MNC Trijaya, Sabtu (19/3/2022).

Lebih lanjut, sebenarnya pemerintah telah menerbitkan Peraturan Gubernur (Pergub) yang mengatur soal harga kamar hotel ini. "Tapi terbitnya agak terlambat setelah hotel-hotel sudah terjual," ujarnya.

Ke depannya, Ni Ketut Wolini berharap Pergub yang sudah diterbitkan dapat terimplementasi dengan baik agar tidak ada lagi kenaikan harga hotel 'gila-gilaan' jelang penyelenggaraan event tertentu.

"Kami juga sudah mengimbau kepada anggota kami agar tidak aji mumpung dalam kesempatan ini," pungkasnya.

Sementara itu, Deputi Bidang Produk Wisata dan Penyelenggaraan Kegiatan Kemenparekraf Rizki Handayani Mustafa menambahkan, pihaknya telah meminta kerjasama Pemerintah Daerah (Pemda) untuk menertibkan aksi para oknum dalam mempermainkan harga hotel. Hal ini dinilai akan merusak citra pariwisata suatu daerah dan membuat turis tidak akan kembali lagi.

"Bahkan kalau ketahuan ya cabut saja izinnya gitu. Karena ini nggak bagus untuk citra destinasi," ungkapnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini