Share

Ada 5 Negara Siap Bantu Danai Proyek IKN Nusantara, dari Mana Saja?

Azhfar Muhammad, MNC Portal · Minggu 20 Maret 2022 07:56 WIB
https: img.okezone.com content 2022 03 20 470 2564586 ada-5-negara-siap-bantu-danai-proyek-ikn-nusantara-dari-mana-saja-nVOJMiFb3Q.jfif 5 negara bantu danai proyek IKN Nusantara. (Foto: Okezone)

JAKARTA — Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan membenarkan ada 5 negara yang akan membantu proyek Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

Luhut menyampaikan untuk sejauh ini total akan 5 negara yang siap mendanai pembangunan IKN.

"Jadi Kalau tidak salah hitung ada 5 negara yang siap (mendanai) IKN," ujar Menko Luhut di Banyuwangi, dikutip Minggu (20/3/2022).

 BACA JUGA:IKN Pindah, Aset Negara di Jakarta Bakal Disewakan?

Luhut mengatakan, soal investor IKN sudah tidak ada masalah, di mana saat ini rencana investor dari Abu Dhabi telah mengucurkan investasi USD20 miliar atau Rp286 triliun untuk proyek IKN. (kurs:Rp14.342).

“Negosiasi terus dilakukan oleh pemerintah RI. Negosiasi awal untuk 5 negara itu dilakukan terlebih dahulu terhadap negara Arab Saudi, Abu Dhabi dan China Tiongkok. Tak hanya itu, pemerintah juga masih optimis adanya pendanaan proyek IKN dibiayai oleh investor lokal,” tambahnya.

Baca Juga: KKP Selamatkan Kerugian Negara Sebesar Rp30 Miliar dari Tindak Penyelundupan BBL

Sebelumnya, Luhut menyatakan SoftBank mundur dalam proyek IKN.

 BACA JUGA:Air dan Tanah Makam Embah Dalem Jagat Sakti yang Dibawa Ridwan Kamil ke IKN

"Dari pengusaha lokal kita juga banyak yang mau. Sementara dari pemerintah Saudi nanti kita lihat lagi negosiasi nanti Pak Rahmat, terus nanti mungkin dari konsorsium Abu Dhabi dengan Tiongkok. Nanti seterusnya kita lakukan negosiasi dengan negara lain," pungkasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini