Share

Mau Memulai Bisnis? Nih Ada Fasilitas Khusus dari Kemenkop UKM

Shelma Rachmahyanti, MNC Media · Selasa 22 Maret 2022 12:20 WIB
https: img.okezone.com content 2022 03 22 455 2565739 mau-memulai-bisnis-nih-ada-fasilitas-khusus-dari-kemenkop-ukm-klRHS68OIB.jpg Fasilitas dari Kemenkop UKM untuk yang ingin bangun bisnis. (Foto: Okezone)

JAKARTA – Pemerintah melalui Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (Kemenkop UKM) memfasilitasi masyarakat yang ingin memulai bisnis.

Di mana saat ini, banyak orang yang ingin bangkit dari pandemi Covid-19 dengan memulai usaha.

Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki menjelaskan, pihaknya menyediakan sejumlah fasilitas untuk masyarakat yang ingin memulai bisnis. Mulai dari konsultasi setiap saat, hingga program PLUT (Pusat Layanan Usaha Terpadu).

“Kita ada fasilitas konsultasi setiap saat, secara online juga. Ada materi-materi literasi digital termasuk bagaimana memulai dan membangun usaha di website kami. Kami juga tadi punya PLUT. Ini yang sekarang intens melakukan pendampingan bagi mereka yang mau memulai usaha,” jelasnya dalam Special Dialogue Okezone, Senin (21/3/2022).

 BACA JUGA:UMKM Go Digital, Menkop Teten: Kami Terus Lakukan Pendampingan

Menurut Teten, bagi masyarakat yang ingin memulai bisnis ada baiknya jika melakukan kajian terlebih dahulu.

Hal ini untuk mengetahui peluang bisnis yang akan dijalankan ke depannya.

“Bagi mereka yang mau melakukan usaha sebaiknya memang melakukan dulu sedikit kajian, biasanya kan hanya meniru tetangga kiri kanan, akhirnya produk sejenis banyak banget, persaingan tinggi. Jadi, harus dilihat peluang bisnisnya apa yang lagi ramai, jangan bikin usaha yang marketnya nggak ada,” ucapnya.

Baca Juga: Saatnya Anak Muda Bangkit Bersama untuk Indonesia Bersama Astra

Oleh sebab itu, Teten mengaku pihaknya siap mendampingi masyarakat yang ingin memulai bisnis. Di mana, memang sudah tersedia dana pendampingan untuk UMKM.

 BACA JUGA:Menkop Teten Optimistis 30 Juta UMKM Go Digital pada 2024

“Nah kami siap mendampingi, itu jaringan kami. Kami kan tidak punya kantor daerah, tapi kami dengan pemerintah daerah ada dana-dana pendampingan untuk UMKM. Itu gratis,” katanya.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini