Share

Konsep Pembangunan IKN Nusantara Contek Kota di Korsel

Iqbal Dwi Purnama, Okezone · Kamis 24 Maret 2022 06:33 WIB
https: img.okezone.com content 2022 03 24 470 2566843 konsep-pembangunan-ikn-nusantara-contek-kota-di-korsel-fM2VYU54F8.jpeg Konsep pembangunan IKN Nusantara (Foto: Shutterstock)

JAKARTA - Konsep pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara akan meniru salah satu kota di Korea Selatan. Instruksi yang diberikan Presiden Joko Widodo adalah untuk membangun IKN Nusantara dengan mengusung konsep smart city.

Sekertasi Jendral Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mengatakan, pembangunan yang dilakukan juga diharapkan menjadi kota yang ramah emisi.

"Jadi Korea adalah mitra pembangunan kita, salah satu mitra pembangunan kita, dan korea punya pengalaman membangun ibu kota baru, kota administratif, itu salah satu kota yang di sebut smart city," ujar Zainal Fatah dalam Media Gathering, Rabu (23/3/2022).

Zainal mengungkapkan yang bakal menjadi contoh pembangunan adalah kota Sejong. Menurutnya kota tersebut sedikit banyak telah menerapkan konsep smart city yang juga menjadi cita-cita pembangunan IKN Nusantara.

Kasubdit Keterpaduan Penyelenggaraan Infrastruktur Pemukiman Ditjen Cipta Karya Kementerian PUPR, Taufan Madiasworo menambahkan yang dimaksud pembangunan smart city di IKN bukan hanya sekedar kota modern namun juga harus menjadi kota sehat.

"Kalau kita rincikan itu seperti pembangunan green open space, green comunity, green transportation, green building, green energy, itu menjadi satu namanya kota yang smart," sambungnya.

Baca Juga: KKP Selamatkan Kerugian Negara Sebesar Rp30 Miliar dari Tindak Penyelundupan BBL

Taufan menjelaskan syarat menjadi kota sehat adalah pertama memiliki layanan dasar yang tersedia. Setelah itu baru membangun kota yang hijau, ressiliance sehingga tercipta konsep smart city.

"Kalau ada pemukiman yang tidak layak, jalan yang rusak dan tidak tersambung, layanan air minum dan sanitasi tidak memenuhi standar, jadi tidak bisa dikatakan smart city," tutur Taufan.

Seperti diketahui sebelumnya Menteri PUPR Basuki Hadimuljono juga sempat melakukan pertemuan dengan Menteri Lingkup Korea Selatan, Han Jeoung-ae saat membahas kejasama untuk membahas pembangunan IKN Nusantara dengan konsep yang ramah lingkungan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini