Share

6 Fakta Harga Pertamax Naik hingga Jokowi Tegur Menteri

Shelma Rachmahyanti, MNC Media · Senin 11 April 2022 06:20 WIB
https: img.okezone.com content 2022 04 08 320 2575721 6-fakta-harga-pertamax-naik-hingga-jokowi-tegur-menteri-NyccBuu82L.jpg BBM Pertamax (Foto: Okezone)

JAKARTA - Harga pertamax resmi naik menjadi Rp12.500 pada 1 April 2022. Harga pertamax naik menyesuaikan harga minyak dunia yang semakin mahal sejak invasi Rusia ke Ukraina.

Berikut fakta-fakta respon Presiden Jokowi terkait harga pertamax naik yang telah dirangkum Okezone, Senin (11/4/2022):

1. Jokowi: Tak Mungkin Kita Tak Naikkan Harga BBM

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengakui bahwa pihaknya sudah sempat menahan agar harga bahan bakar minyak (BBM) Pertamax tidak naik.

"Gak mungkin kita tidak menaikan yang namanya BBM, oleh sebab itu kemaren naik pertamax," ujar Jokowi dalam keterangannya yang disiarkan YouTube Sekretariat Presiden.

2. Amerika Serikat Alami Inflasi 7,9% 

Jokowi mengungkapkan bahwa Amerika Serikat telah mengalami inflasi diangka 7,9% yang biasanya dibawah 1%.

Dia mengatakan, di Uni Eropa juga mengalami inflasi hingga 7,5 dan Turki telah masuk diangka 54%.

"Angka-angka seperti ini akan membawa kita yang saya kira sudah kita tahan-tahan, agar tidak terjadi kenaikan tetapi saya kira situasinya memang tidak memungkinkan," ungkapnya.

3.Jokowi Minta Menteri Kabinet Waspada

Sehingga, Jokowi meminta kepada menteri kabinet agar selalu waspada dan selalu melakukan perhitungan mengenai kenaikan energi dan juga pangan.

"Dua hal ini yang menjadi sangat sangat penting sekali untuk terus kita waspadai bersama dan harus selalu diraparkan di konsolidasikan agar tidak keliru dalam mengambil keputusan," jelasnya.

4. Tegur Menteri

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menegur pada menterinya yang seolah bungkam terhadap kenaikan harga Pertamax. Dia menilai, seharusnya masyarakat dijelaskan mengenai alasan harga Pertamax naik.

Jokowi menyayangkan adanya kebingungan dari masyarakat mengenai kenaikan harga BBM Pertamax. Seharusnya, kata Jokowi, menteri terkait menjelaskan secara detil alasan Pertamax dinaikkan.

"Pertamax menteri juga tidak memberikan penjelasan apa-apa mengenai ini, hati hati. Kenapa Pertamax? diceritain dong kepada rakyat ada empati kita gitu loh, ga ada yang berkaitan dengan energi ga ada. Itu yang namanya memiliki sense of crisis yang tinggi," ujar Jokowi.

5. Minyak Goreng

Hal ini juga terjadi pada polemik harga minyak goreng. Padahal harga minyak goreng sudah naik sejak empat bulan lalu.

"Tidak ada statement, tidak ada komunikasi, harga minyak goreng sudah 4 bulan, tidak ada penjelasan apa apa, kenapa ini terjadi," ujar Jokowi.

6. Rumuskan Secara Baik

Jokowi pun meminta kepada para menterinya agar merumuskan secara baik mengenai kebutuhan pokok dan merumuskan kebijakan secara tepat dengan tetap berempati kepada rakyat.

"Betul-betul saya minta ini yang berkaitan dengan kebutuhan pokok, dirumuskan betul, tidak hanya urusan minyak goreng, tetapi dilihat satu persatu urusan beras seperti apa, kedelai nanti seperti apa, gandum nanti seperti apa. Kalau kerja ga detail, kerja ga betul-betul dilihat betul, dan kita ini diem semuanya ga ada statement, hati hati, dianggap kita ini ga ngapa-ngapain ga kerja. Atau mungkin juga ga ngapa-ngapain mungkin ga kerja," jelasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini