Share

Hari Kartini, Erick Thohir Apresiasi BRI yang Beri Kesempatan untuk Perempuan

Zuhirna Wulan Dilla, Jurnalis · Kamis 21 April 2022 13:45 WIB
https: img.okezone.com content 2022 04 21 320 2582824 hari-kartini-erick-thohir-apresiasi-bri-yang-beri-kesempatan-untuk-perempuan-9p8r2RD43W.JPG Menteri BUMN Erick Thohir (Foto: Okezone/BUMN)

JAKARTA - Menteri BUMN Erick Thohir mengaku senang dengan PT Bank Rakyat Indonesia (BRI) Tbk yang terus memberikan kesempatan untuk perempuan.

Bahkan, Erick Thohir menyebut kalau tenaga perempuan di BRI sudah lebih dari 23%.

"Perempuan di BRI sudah banyak di mana ini artinya Dirut BRI menjadi contoh untuk sebuah keberpihakan," ujarnya saat ditemui Okezone, di Sentul International Convention Center, Bogor, Kamis (21/4/2022).

Dia juga menambahkan kalau semua tenaga kerja wanita di BUMN telah diberikan pelatihan yang memadai.

"Kita berikan training untuk meningkatkan kapasitas mereka," tambahnya.

Adapun di kesempatan yang sama, Direktur Utama BRI Sunarso merincikan kalau pada tahun 2021 ada sebanyak 38.942 pekerja wanita.

Dia mengatakan kalau jumlah itu akan terus bertambah karena kesempatan untuk perempuan bekerja di BRI terbuka lebar.

"BRI akan selalu memberikan kesempatan bagi perempuan untuk memaksimalkan potensinya untuk perusahaan dan Indonesia," jelasnya.

Dia berharap peluang ini bisa jadi pemicu untuk perempuan Indonesia melebarkan sayap nya.

Diketahui juga, Sunarso menyebut BRI terus berupaya memberdayakan perempuan pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) agar bisa tumbuh berkelanjutan.

Hal ini sejalan dengan misi BRI untuk mendampingi pelaku UMKM agar dapat naik kelas.

Dia menambahkan pembentukan Holding Ultra Mikro (UMi) yang terdiri atas BRI, Pegadaian, dan PNM ini telah memastikan sumber pertumbuhan baru tersebut.

Namun, untuk memastikan keberhasilan Holding UMi dalam mewujudkan pemerataan ekonomi di Indonesia tersebut diperlukan tiga hal, yakni KPI (key performance indicators) yang harus dicapai, Strategic Initiatives atau cara mencapai KPI, dan program culture yang artinya perilaku kolektif untuk mencapai KPI.

BRI pun telah menyiapkan empat strategi utama yakni mengakslerasi Co-Location SENYUM, memperbaiki bisnis proses di PNM dan Pegadaian, meningkatkan penggunaan aplikasi digital SENYUM MOBILE serta meningkatkan kapabilitas 75.000 Mantri BRI, Account Officer PNM dan Penaksir Pegadaian.

“KPI dan strategi yang telah ditetapkan dapat dieksekusi dengan baik, diperlukan penetapan perilaku kolektif yang efektif untuk mencapai tujuan melalui program culture yang selaras dengan culture dari Kementerian BUMN yaitu AKHLAK. Untuk mendorong internalisasi One Culture AKHLAK tersebut, maka diimplementasikan culture activation program dengan tema Brigade Madani”, ungkapnya.

Sunarso menambahkan kembali soal proporsi perempuan yang besar dalam holding UMi ini, perempuan mengambil peranan besar.

Sehingga, holding UMi ini dapat mewujudkan pemerataan ekonomi di Indonesia dan mendorong inklusi keuangan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini