Share

Simak! Ini Ketentuan Baru Klaim JHT Sebelum Usia 56 Tahun

Tim Okezone, Okezone · Sabtu 30 April 2022 19:04 WIB
https: img.okezone.com content 2022 04 30 320 2587673 simak-ini-ketentuan-baru-klaim-jht-sebelum-usia-56-tahun-G3EGYD2kZJ.jfif Aturan baru JHT. (Foto: Okezone)

JAKARTA - Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah menegaskan kalau aturan Jaminan Hari Tua (JHT) telah direvisi.

Adapun untuk aturan terbarunya dalam Peraturan Menteri Ketenagakerjaan RI (Permenaker) Nomor 4 Tahun 2022 tentang Tata Cara dan Persyaratan Pembayaran Manfaat Jaminan Hari Tua, sebagai pengganti Permenaker Nomor 2 Tahun 2022.

“Saya ingin menyampaikan bahwa Permenaker ini telah melalui tahapan serap aspirasi publik secara luas. Kami telah melakukan beberapa kali dialog dengan berbagai Konfederasi Serikat Pekerja atau Serikat Buruh, Federasi Serikat Pekerja, Disnaker Provinsi dan Kabupaten/Kota serta dengan kementerian dan lembaga terkait,” kata Ida, dikutip Sabtu (30/04/2022).

 BACA JUGA:Simak Ya! Ini Syarat Pencairan JHT Terbaru

Dia menjelaskan ini bagian dari tindak lanjut arahan Presiden Joko Widodo, sekaligus memperhatikan aspirasi buruh yang menghendaki perlunya penyederhanaan dan kemudahan dalam proses klaim manfaat JHT.

Dia pun membeberkan terkait ketentuan yang diatur dalam Permenaker Nomor 4 Tahun 2022 di antaranya:

Baca Juga: BuddyKu Festival, Generasi Muda Wajib Hadir

Follow Berita Okezone di Google News

- Permenaker Nomor 4 Tahun 2022 mengembalikan ketentuan yang ada di Permenaker Nomor 19 Tahun 2015, terutama terkait klaim manfaat JHT bagi peserta yang mengundurkan diri dan peserta terkena PHK, di mana manfaat JHT dapat diambil secara tunai dan sekaligus setelah melewati masa tunggu satu bulan.

 BACA JUGA:Pencairan JHT Tak Perlu Tunggu Sampai Usia 56 Tahun, Simak Syarat Berikut Ini

- Permenaker Nomor 4 Tahun 2022, persyaratan klaim manfaat JHT lebih sederhana.

- Permenaker ini juga memberikan kemudahan dalam pengajuan klaim manfaat JHT yaitu dokumen yang dilampirkan dapat berupa KTP dan laporan bukti dari perusahaan.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini