Share

Pantau Arus Balik Lebaran 2022, Erick Thohir: Sarana dan Prasarana Sudah Siap

Suparjo Ramalan, iNews · Rabu 04 Mei 2022 12:58 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 04 320 2589151 pantau-arus-balik-lebaran-2022-erick-thohir-sarana-dan-prasarana-sudah-siap-CHV0Q9UfNv.JPG Erick Thohir pantau kesiapan arus balik mudik Lebaran 2022. (Foto: Instagram/Erick Thohir)

JAKARTA - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir memastikan Pelabuhan Panjang di Kota Bandar Lampung, Provinsi Lampung, siap digunakan untuk arus balik mudik Lebaran 2022.

Erick pun telah memantau langsung kondisi pelabuhan tersebut.

Dalam pantauan tersebut, dia memastikan seluruh sarana dan prasarana sudah disiapkan dengan baik untuk keamanan dan kenyamanan penumpang.

 BACA JUGA:Erick Thohir Ingin Penerbangan Indonesia seperti AS, Ada 2.000 Pesawat di Langit

"Pelabuhan Panjang siap digunakan untuk arus balik menuju Jawa. Insya Allah, sarana dan prasarana sudah disiapkan dengan baik untuk keamanan dan kenyamanan penumpang," ungkap Erick melalui akun Instagramnya, Rabu (4/5/2022).

Hari ketiga Lebaran, Erick Thohir kembali melakukan pantauan arus balik. Pantauan ini untuk memastikan aktivitas arus balik berjalan baik.

Dalam pantauan tersebut, Erick ditemani Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dan Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy.

Ketiganya, bergegas menuju Pelabuhan Panjang dengan menggunakan helikopter, Rabu pagi.

"Lebaran hari ketiga, sudah kembali memantau arus mudik dan balik bersama Menhub Budi Karya Sumadi dan Menko PMK Muhadjir Effendy," kata Erick.

Erick, Budi, dan Muhadjir meninjau kesiapan Pelabuhan Panjang untuk melayani prosesi arus balik dari Pulau Sumatera ke Pulau Jawa.

Baca Juga: Presiden Jokowi Sebut Sistem Penyaluran BLT BBM yang Dijalankan Sudah Bagus

Pemerintah sendiri telah memutuskan membuka jalur alternatif penyeberangan dari Pulau Sumatera ke Jawa melalui pelabuhan Panjang.

Pembukaan jalur alternatif ini untuk mengantisipasi penumpukan kendaraan pemudik di Pelabuhan Bakauheni saat arus balik.

 BACA JUGA:Pelita Air Fokus Garap Penerbangan Domestik, Erick Thohir: Pasar Sebesar Ini Tak Boleh Dimonopoli

Hal ini dilakukan mengingat terjadi lonjakan penumpang yang sangat tinggi pada arus mudik pada angkutan penyeberangan.

Berdasarkan catatan Kementerian Perhubungan, jumlah penumpang yang menggunakan angkutan penyeberangan melebihi penumpang di transportasi umum lain. Yakni mencapai 1,6 juta penumpang, baik itu di Pelabuhan Bakauheni maupun di Pelabuhan Merak.

"Untuk itu, Pelabuhan Panjang bisa kita jadikan alternatif. Kita juga akan lakukan skenario untuk merespons perubahan perilaku pemudik tahun ini dibanding 2019 sehingga penanganan kita bisa lebih cermat dan memuaskan bagi para pemudik,” kata Menko PMK.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini