Share

Bahaya Wabah PMK! Jangan Konsumsi Daging Sapi di Bagian Ini

Iqbal Dwi Purnama, Jurnalis · Kamis 12 Mei 2022 10:39 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 12 320 2592861 bahaya-wabah-pmk-jangan-konsumsi-daging-sapi-di-bagian-ini-m7J8TqDX44.jpg Wabah Penyakit Mulut dan Kuku pada Hewan. (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo mengatakan virus penyakit mulut dan kuku pada hewan ternak tidak menular ke manusia. Oleh karena itu, konsumsi daging pun masih aman.

Meski demikian, Mentan mengimbau kepada masyarakat untuk tetap selektif dalam mengonsumsi daging. Tidak semua bagian dari tubuh hewan ternak bisa dikonsumsi dengan aman, terlebih saat ini dit engah adanya wabah PMK.

Baca Juga: Kapolri Pastikan Bantu Awasi Penanganan PMK Hewan Ternak

Menurutnya. ada beberapa bagian daging pada hewan ternak yang memiliki potensi besar terdapat virus PMK. Oleh karenanya beberapa bagian daging saat ini di sarankan untuk dikonsumsi.

"Virus ini tidak menular manusia, dagingnya masih aman dikonsumsi dengan aman oleh manusia, namun ada beberapa bagian yang harus di hindari," ujar Mentan dalam konferensi persnya, Rabu (11/5/2022).

Baca Juga: Antisipasi Penyebaran Virus PMK, Polisi Lakukan Penyekatan Angkutan Ternak di Batas Kota

Seperti diketahui virus PMK menyerang beberapa bagian tubuh hewan, seperti mulut dan kuku dari hewan ternak. Oleh sebab itu Mentan tidak menyarankan masyarakat tidak mengonsumsi daging di bagian Mulut, dan Kaki Sapi.

"Yang tidak boleh hanya pada tempat-tempat yang langsung terkena PMK, misalnya organ tertentu seperti kaki, jeroan tidak boleh, mulut seperti lidah, itu tidak direkomendasi," kata Mentan.

Bagian di organ tubuh tersebut menurut Mentan bagian yang paling terserang oleh virus, maka daging disekitar organ tersebut harus dihindarkan, selain kolesterol tinggi, saat ini ada virus PMK.

"Tetapi yang lain masih bisa direkomendasikan, dagingnya masih bisa dimakan," pungkas Mentan.

Kedepan untuk menjamin pendistribusian daging sapi yang beredar di pasar, Mentan SYL mengatakan Jajarannya akan mengawal ketat Rumah Pemotongan Hewan (RPH) dengan standar kesehatan yang direkomendasikan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini