Share

Menhub: LRT Jabodebek Urai Masalah Transportasi Antar Kota

Azhfar Muhammad, Jurnalis · Kamis 12 Mei 2022 15:16 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 12 320 2593098 menhub-lrt-jabodebek-urai-masalah-transportasi-antar-kota-ocHizKoLV1.jpeg Menhub Budi Karya Sumadi ungkap LRT urai masalah transportasi antar kota (Foto: Okezone)

JAKARTA - LRT Jabodebek diharapkan bisa mengurangi masalah transportasi antar kota. LRT Jabodebek merupakan proyek strategis nasional yang bertujuan untuk meningkatkan pelayanan transportasi dalam mendukung pembangunan di wilayah Jabodebek.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menyampaikan, pembangunan LRT merupakan upaya pemerintah menyelesaikan masalah transportasi antar kota.

“Pembangunan LRT sebagai upaya pemerintah menyelesaikan masalah transportasi antar kota. Presiden melakukan groundreaking di Jabodebek yang panjangnya sekitar 44 kilo dan ada 14-18 stasiun,” kata Menhub dalam webinar virtual BPTJ, Kamis (12/5/2022).

Pemerintah menginisiasi pelaksanaan percepatan pembangunan sarana dan prasarana LRT terintegrasi dengan menugaskan PT Adhi Karya (Persero) Tbk dan PT Kereta Api Indonesia (Persero) selaku BUMN yang juga memiliki tujuan sebagai agen pembangunan (Agent of Development).

“Pemerintah berikan stimulus hingga dukungan fiskal melalui PMN kepada KAI dan jaminan pemerintah,” ujarnya.

Menhub menyatakan, proyek ini ditargetkan rampung dan dilakukan uji coba pada akhir tahun 2022 ini.

“Ini LRT akan ditempuh dengan jarak yang pasti. Yang mana dengan waktu tempuh yang cepat dan efisien,” urainya. LRT Jabodebek diharapkan menjadi salah satu moda yang dapat diandalkan untuk mengurangi kemacetan di Jabodebek.

“Kehadirannya sebagai angkutan umum massal berbasis rel diharapkan dapat meningkatkan perpindahan pengguna kendaraan pribadi ke angkutan umum dan mengurai sejumlah permasalahan di bidang transportasi,” tandasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini