Share

Gandeng Swasta, Erick Thohir Bisa Jual Minyak Goreng Murah di 10.000 Pasar

Suparjo Ramalan, Jurnalis · Kamis 19 Mei 2022 14:25 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 19 320 2596741 gandeng-swasta-erick-thohir-bisa-jual-minyak-goreng-murah-di-10-000-pasar-oILQTRBZey.JPG Minyak goreng curah. (Foto: Okezone)

JAKARTA - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir memastikan perusahaan pelat merah terus mendistribusikan minyak goreng di pasaran.

Perseroan pun akan menggandeng swasta dalam proses pendistribusian.

Erick menyebut kerja sama ini terus dijaga agar komoditas dasar bisa tersalurkan dengan baik.

Saat ini target distribusi dilakukan di 10.000 titik di Indonesia.

 BACA JUGA:Erick Thohir Targetkan 80% Pegawai BUMN Diisi Milenial

"Kita sekarang mendapat penugasan, BUMN bersama swasta bersama-sama, tidak mungkin BUMN ketika ada penugasan baru berdiri sendiri, kita tidak punya minyak gorengnya, kita punya distribusinya tapi tidak juga di seluruh titik yang diperlukan," ujar Erick, dikutip Kamis (19/5/2022).

Adapun minyak goreng yang didistribusikan pemerintah melalui Holding BUMN Pangan atau ID Food kepada 40 juta warga di Indonesia dengan harga dipatok Rp14.000 per liter.

Pemerintah sendiri sudah meminta BUMN Pangan menangani distribusi minyak goreng curah dengan harga eceran tertinggi (HET) Rp14.000 per liter.

Holding BUMN Pangan ini juga akan melibatkan pengecer minyak goreng karena para pengecer ini memiliki jaringan yang cukup banyak.

Sebelumnya, Wakil Menteri BUMN 1 Pahala N Mansury meninjau langsung ketersediaan dan harga minyak goreng curah di pasar tradisional dan mitra Warung Pangan.

Tinjauan ini dijadikan pilot project distribusi minyak goreng curah di DKI.

Menurut Pahala, pada Mei 2022 ini target adalah 5.000 titik lokasi secara nasional, yang merupakan sinergi antara Kementerian BUMN, Kementerian Perdagangan dan Kementerian terkait lainnya serta para supplier industri minyak goreng di Indonesia.

 BACA JUGA:Erick Thohir: Rekrutmen Calon Pegawai BUMN Tidak Ada Anak Sultan, Kita Transparan!

Pahala juga menyampaikan harapannya, agar ID Food Grup terus melakukan penyesuaian atas aplikasi Warung Pangan PT Perusahaan Perdagangan Indonesia (PPI) untuk memastikan pendistribusian minyak goreng serta monitoring keterjangkauan harga minyak goreng sampai ke tingkat konsumen yang dapat diakses secara online.

Saat ini, Mitra Warung Pangan PPI sebanyak 69.000 yang tersebar di lebih dari 27 kota di Indonesia.

Jaringan distribusi warung pangan ini yang akan terus dikembangkan oleh PPI sebagai Langkah strategis lainnya dalam menjalankan program pemerintah, khususnya minyak goreng dan secara umum ketersediaan dan keterjangkauan pangan di masyarakat.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini