Share

Separuh Cadangan Nikel Dunia Ada di Indonesia, Wapres: Kita Pegang Peranan Sangat Penting

Binti Mufarida, Sindonews · Kamis 19 Mei 2022 15:21 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 19 320 2596796 separuh-cadangan-nikel-dunia-ada-di-indonesia-wapres-kita-pegang-peranan-sangat-penting-uHKMZsmtiH.jpg Wapres Maruf Amin sebut separuh cadangan nikel dunia ada di Indonesia (Foto: Setwapres)

JAKARTA – Indonesia memiliki cadangan nikel sebesar 72 juta ton atau mencapai 52% dari total cadangan nikel dunia pada 2020. Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin menyebutkan Indonesia memiliki peran penting dalam industri nikel.

“Ini artinya Indonesia memegang peranan sangat penting dalam penyediaan bahan baku produk nikel dunia,” kata Wapres saat peletakan batu pertama di Kawasan Industri Nusantara Industri Sejati (NIS) Konawe Utara, Sulawesi Tenggara (Sultra), Kamis (19/5/2022).

Sementara itu, Wapres mengungkapkan sampai dengan April 2022, Kementerian Perindustrian mencatat ada 138 perusahaan kawasan industri yang tersebar di Pulau Jawa, Kalimantan, Maluku, Papua, Nusa Tenggara, Sulawesi, dan Sumatra.

“Peningkatan jumlah dan luas lahan untuk kawasan industri ini patut diapresiasi. Sedangkan khusus untuk smelter, pemerintah telah menargetkan 53 fasilitas akan beroperasi hingga 2024,” papar Wapres.

“Informasi lain yang saya peroleh, Kabupaten Konawe Utara memiliki Wilayah Izin Usaha Pertambangan paling luas di Provinsi Sulawesi Tenggara. Namun, sejauh ini proses hilirisasi masih belum maksimal,” katanya.

Oleh karena itu, Wapres mengatakan pembangunan Kawasan Industri Nusantara Industri Sejati merupakan ikhtiar untuk mengoptimalkan nilai tambah hilirisasi, menciptakan lapangan kerja, dan mendorong perekonomian daerah.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini