Share

Emirat Arab Investasi USD20 Miliar ke Proyek Ibu Kota Nusantara

Azhfar Muhammad, Jurnalis · Minggu 22 Mei 2022 10:06 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 22 470 2598199 emirat-arab-investasi-usd20-miliar-ke-proyek-ibu-kota-nusantara-vTzBJKlNe5.jpg Menko Maritim dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan (Foto: Okezone)

JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan menyatakan bahwa pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) menarik minat besar dari investor mancanegara.

Menurutnya tidak benar jika dibilang pembangunan IKN minim pendanaan, sebab Luhut menyebutkan sejumlah negara sudah berinvestasi untuk IKN salah satunya adalah Uni Emirat bahkan sudah hampir investasi USD20 miliar.

“Saya sudah bertemu Mohammed Bin Salman, putera mahkota Kerajaan Arab Saudi, yang menyatakan akan berinvestasi sangat besar. Selain itu, Uni Emirat Arab melalui Indonesian Investment Fund juga menyiapkan investasi USD20 miliar,” ujar Menko Luhut dalam keterangan resmi, Minggu (22/5/2022).

Luhut meyakinkan, pembangunan ibu kota negara baru menarik minat besar dari investor mancanegara. Ia menegaskan, tidak benar jika dibilang pembangunan IKN minim pendanaan.

“Sudah banyak pihak memberi hormat atas konsep kita membangun ibu kota baru,” kata Luhut.

Sementara itu, Gubernur Kalimantan Timur Isran Noor mengungkapkan keunggulan Kaltim sehingga ditetapkan Presiden Jokowi sebagai Ibu Kota Negara baru. Salah satunya, karena Kaltim memiliki ketataan moralitas kepada bangsa Indonesia.

“Walaupun punya kapasitas penghasilan sumber daya alam luar biasa, tapi Kalimantan Timur tidak pernah punya keinginan macam-macam. Selain itu, Kaltim juga terkenal damai, tak pernah ada konflik SARA. Ini realitas yang membuat Kaltim ditetapkan sebagai ibu kota yang baru,” pungkasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini