Share

Menko Airlangga: Penyerapan Tenaga Kerja UMKM Capai 97%

Azhfar Muhammad, Jurnalis · Selasa 31 Mei 2022 09:01 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 31 455 2602957 menko-airlangga-penyerapan-tenaga-kerja-umkm-capai-97-kitBs13qTu.jpg Penyerapan tenaga kerja UMKM capai 97% (Foto: Kemenko Perekonomian)

JAKARTA - Kajian dan perbaikan kebijakan UMKM yang telah ada harus disesuaikan dengan tantangan saat ini. Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menilai, kebijakan dapat dikembangkan dari kebijakan yang telah ada dan tidak perlu memulai dari nol.

Hal ini dapat meningkatkan efektivitas penyusunan dan pelaksanaan kebijakan pembiayaan UMKM di Indonesia.

โ€œSaat ini kontribusi UMKM terhadap PDB Indonesia mencapai 61% dengan kemampuan penyerapan tenaga kerja mencapai 97% dari total penyerapan tenaga kerja nasional. Diharapkan juga, kontribusi UMKM terhadap ekspor non migas yang saat ini baru mencapai 16% dapat ditingkatkan,โ€ ungkap Airlangga Hartarto dalam keterangan resmi, Selasa (31/5/2022).

Dengan kebijakan yang tepat, pemerintah optimis peran UMKM yang merupakan critical engine bagi perekonomian Indonesia dapat terus meningkat, sejumlah kebijakan UMKM guna memperkuat permodalan telah dilaksanakan.

โ€œMulai dari Kredit Likuiditas Bank Indonesia (KLBI) hingga tahun 1999, seperti Kredit Bimbingan Masyarakat (BIMAS), Kredit Usaha Tani (KUT), Kredit Investasi Kecil (KIK), Kredit Modal Kerja Permanen (KMKP), dan Kredit Candak Kulak. Setelah tahun 1999, kebijakan pembiayaan UMKM dilanjutkan dan dikembangkan oleh pemerintah berupa Pembiayaan Ultra Mikro (Umi), Pembiayaan Mikro, dan Kredit Usaha Rakyat (KUR,โ€ tambahnya.

Tak hanya itu, Melalui skema subsidi bunga, suku bunga KUR dapat diturunkan hingga mencapai titik terendah yaitu 6% efektif per tahun.

Selanjutnya, pada masa pandemi Covid-19 pemerintah memberikan tambahan subsidi bunga 6% pada tahun 2020 sehingga suku bunga KUR 0% pada tahun 2020. Pada tahun 2021 dan 2022, Pemerintah memberikan tambahan subsidi bunga lagi sebesar 3% sehingga suku bunga KUR hanya 3%.

Dari upaya Pemerintah dalam meningkatkan akses UMKM terhadap pembiayaan, pemerintah terus menambah fasilitas KUR agar dapat diakses secara lebih luas.

Integrasi program Kartu Prakerja dengan KUR menjadi salah satu kunci munculnya UMKM baru yang berdaya saing. Peserta program Kartu Prakerja, setelah mendapat pembekalan, diharapkan dapat mengakses permodalan dan siap berwirausaha,โ€ pungkasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini